Selasa, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 Februari 2020

Selasa, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 Februari 2020

Ini Dia BUMN Shop, Badan Usaha Milik Desa Bersama di Trenggalek

Selasa 22 Okt 2019 23:34 WIB

Rep: jatimnow.com/ Red: jatimnow.com

.

.

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin meresmikan dua unit BUMN Shop
<p>jatimnow.com - Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin meresmikan dua unit BUMN Shop, yaitu BUMDESMA Madupapaken, Kecamatan Durenan dan BUMDESMA Manggul Wonokerto, Kecamatan Panggul, Selasa (22/10/2019). Toko ritel modern ini merupakan kolaborasi sejumlah desa di dua kecamatan itu.

Bupati Nur Arifin mengapresiasi beberapa kepala desa di Kecamatan Durenan dan Panggul yang mau bersinergi dan berkolaborasi untuk mengembangkan BUMN Shop. Ia berharap Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDESMA) tidak hanya bergelut di dunia retail saja, melainkan juga melirik usaha seperti toko bangunan, pertamini maupun pengembangan wisata hingga homestay.

Bupati Nur Arifin meresmikan BUMN Shop, BUMDESMA di Trenggalek

"Ke depan, ini tidak hanya menjual kebutuhan rumah tangga saja, namun bisa merambah ke hal lain seperti toko bangunan atau potensi wisata sekitar," ujar Bupati Nur Arifin, usai meresmikan BUMN Shop tersebut.

Untuk mendorong eksistensi BUMN Shop, Bupati Nur Arifin meminta jajarannya untuk berbelanja kebutuhan rumah tangga di lingkungan Pendopo di BUMDESMA ini. Ia juga menyinggung permodalan bersama dengan sistem Crowdfunding. Masyarakat diajak untuk ikut menanam saham, sehingga permodalan yang dimiliki menjadi kuat secara finansial, tidak hanya bergantung pada dana desa maupun CSR dari BUMN.

"Dengan Crowdfunding, semua bisa merasakan keuntungan dari BUMN Shop ini. Dengan ikut menanamkan sahamnya, maka masyarakat akan ikut menjaga dan mengembangkan BUMN Shop ini," ungkapnya.

Bupati Nur Arifin meresmikan BUMN Shop, BUMDESMA di Trenggalek

Sementara itu Plt Direktur Kerjasama dan Pengembangan Kapasitas Ditjed PKP Siswa Trihadi menambahkan, BUMN Shop ini merupakan komitmen dalam mendorong BUMN untuk mendukung pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. Kolaborasi BUMN dan BUMDes bisa memajukan perekonomian masyarakat. BUMN Shop ini juga bertujuan untuk mewadahi sekaligus menjadi ajang promosi produk unggulan yang dimiliki desa dengan sinergitas bersama.

"Keberadaan BUMN Shop diyakini tidak akan mematikan toko kecil di sekitar, malah justru kita ingin ada kerjasama yang baik. Toko-toko sekitar bisa mengambil barang ke sini, sehingga ada kerjasama yang saling menguntungkan antara keduanya," tambah Trihadi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan jatimnow.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab jatimnow.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA