Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Jokowi Pilih Dokter Terawan Jadi Menkes

Selasa 22 Oct 2019 20:25 WIB

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Ani Nursalikah

Kepala RSPAD dr Terawan Agus Putranto tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa (22/10/2019).

Kepala RSPAD dr Terawan Agus Putranto tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa (22/10/2019).

Foto: Antara/Wahyu Putro A
Begitu dilantik besok, Terawan berencana langsung mengurus pensiunnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala RSPAD Gatot Subroto Dokter Terawan Agus Putranto dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri Kesehatan (Menkes). Terawan yang pernah merawat mantan ibu negara Ani Yudhoyono ini mengaku banyak diajak berbicara oleh Jokowi mengenai tantangan kesehatan di Indonesia, khususnya masalah stunting.

"Dapat amanah baru, tugas baru yang harus saya laksanakan. Benar (menkes)," kata Terawan di kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (22/10).

Usai penugasan sebagai menkes, Terawan mengungkapkan dirinya akan mundur dari jabatannya sebagai Kepala RSPAD Gatot Subroto. Begitu dilantik besok, Terawan berencana langsung mengurus pensiunnya.

"Saya tetap dokter, zaman sekarang bisa tetap pakai telemedicine," katanya.

Sejak Selasa lalu, sudah ada 34 tokoh yang dipanggil Jokowi. Diurutkan dari waktu kedatangan, mereka adalah Mahfud MD, Nadiem Makarim, Erick Thohir, Wishnutama, dan Tito Karnavian. Kemudian, Airlangga Hartarto, Pratikno, Fadjroel Rachman, Nico Harjanto, Prabowo Subianto, dan Edhy Prabowo.

Hari ini, Sri Mulyani menjadi tokoh pertama yang hadir. Dilanjutkan Syahrul Yasin Limpo, Agus Gumiwang, Ari Batubara, Siti Nurbaya Bakar, Suharso Monoarfa, Basuki Hadimuljono, Fachrul Razi, dan Ida Fauziyah. Setelah itu, hadir pula Bahlil Lahadalia, Zainudin Amali, Abdul Halim Iskandar, Yasonna Laoly, Budi Karya Sumadi, dan Sofyan Djalil.

Jokowi juga memanggil Tjahjo Kumolo, Moeldoko, Bambang Brodjonegoro, Johnny G Plate, Agus Suparmanto, dan Teten Masduki. Kemudian, saat petang hari datang Terawan, dan Luhut Binsar Panjaitan.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA