Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Total Ada 32 Tokoh Calon Menteri yang Dipanggil Jokowi

Rabu 23 Oct 2019 04:46 WIB

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Ratna Puspita

Mahfud MD  ke Istana. Pakar Hukum Mahfid MD usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10).

Mahfud MD ke Istana. Pakar Hukum Mahfid MD usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10).

Foto: Republika/ Wihdan
Ada nama yang disebut masuk dalam kabinet, tetapi berhalangan hadir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejak Senin (21/10) kemarin, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil nama-nama yang potensial menjadi calon menteri untuk kabinet jokowi -Maruf Amin periode 2019-2024. Rangkaian wawancara calon menteri ini digelar Jokowi selama dua hari, hingga Selasa (22/10) malam.

Total ada 32 nama calon menteri yang datangi istana dalam dua hari ini, yakni 9 tokoh pada hari pertama dan 23 tokoh pada hari kedua. Republika mencoba merangkum seluruh tokoh yang dipanggil Jokowi ke istana selama dua hari ini.

Daftar berikut diurutkan dari waktu kedatangannya di Istana Kepresidenan. 

Senin (21/10)

1. Mahfud MD

Mahfud tidak secara lugas menyebut posisi yang akan dijabat. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini mengaku banyak diajak berbincang tentang hukum dan HAM bersama Jokowi. Mahfud juga percaya diri menyampaikan kalau dirinya diundang lagi hadir di istana untuk proses pelantikan menteri pada Rabu (23/10) lusa.

2. Nadiem Makarim

CEO Gojek ini juga enggan secara gamblang menyebut posisi menteri yang akan dijabat. Nadiem hanya menyebut bahwa dirinya diajak Jokowi berbicara mengenai pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan inovasi. 

3. Wishnutama

Pendiri Netmediatama ini juga enggan menyebut posisi menteri yang akan diduduki. Ia hanya menjelaskan bahwa Jokowi memberi arahan mengenai pengembangan industri kreatif dan peningkatan devisa.

4. Erick Thohir

CEO Mahaka Group dan bos Republika ini juga tak secara terbuka menyebut posisi menteri yang akan dijabat. Ia hanya mengatakan bahwa ia akan membindangi masalah perekonomian. Erick santer dikabarkan menduduki posisi Menteri BUMN. 

photo
Bertemu Presiden Joko Widodo. CEO Mahaka Grup Erick Thohir menjawab pertanyaan wartawan usai usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10). (Republika/Wihdan)

5. Tito Karnavian

Tito tidak keluar istana melalui gerbang samping. Kapolri pun tidak sempat menyampaikan penjelasan kepada awak media tentang jabatan yang akan diemban. 

6. Airlangga Hartarto

Ketua Umum Golkar ini kencang disebut akan menduduki posisi Menko Perekonomian. Namun begitu ia menolak untuk memberi bocoran. Usia bertemu Jokowi, Airlangga mengaku dirinya banyak diajak bicara mengenai tantangan perekonomian. 

7. Pratikno

Mantan Rektor UGM dan Mensesneg ini juga keluar istana dari pintu samping sehingga tak sempat berbincang dengan awak media. 

8. Prabowo Subianto

Secara gamblang Prabowo menyebut dirinya ditugaskan menjadi menteri yang membidangi pertahanan, alias Menteri Pertahanan. 

9. Edhy Prabowo

Belum ada kepastian mengenai posisi menteri yang akan didudukinya. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA