Jumat, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Jumat, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Penajam Prioritaskan Pasang Lampu Jalan Umum

Rabu 23 Okt 2019 12:01 WIB

Red: Ani Nursalikah

Foto aerial kawasan ibu kota negara baru di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Foto aerial kawasan ibu kota negara baru di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Foto: Akbar Nugroho Gumay/Antara
Pemasangan lampu penerangan jalan umum prioritas program kerja pada 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, PENAJAM -- Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur memprioritaskan pemasangan lampu penerangan jalan umum dengan Anggaran Pendapatan Belanja atau APBD 2020.

"Perencanaan program 2020, mendukung prioritas Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019-2023," ujar Pelaksana Tugas Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Penajam Paser Utara, Yunita Liliyana Damayanti ketika ditemui, Selasa (22/10).

Perencanaan program 2020 tersebut, menurut dia, memberi perhatian di sektor pendidikan, kesehatan dan infrastruktur lainnya, seperti pemasangan lampu penerangan jalan umum. Pemasangan lampu penerangan jalan umum di wilayah yang masih minim penerangan di Kabupaten Penajam Paser Utara juga menjadi prioritas program kerja pada 2020.

Adanya potensi penurunan APBD 2020 dinilai tidak terlalu mengganggu program kerja Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara yang telah disusun sesuai RPJMD 2019-2023 tersebut. "Tinggal penyesuaian saja dengan ketersediaan anggaran, dan program-program prioritas itu sudah dimasukkan pada APBD 2020," ucap Yunita.

"Beberapa program prioritas program pada APBD 2019 yang langsung menyentuh masyarakat telah dilakukan atau dilaksanakan," kata Yunita.

Sejumlah program prioritas yang sudah berjalan pada 2019 tersebut, yakni pemberian seragam sekolah gratis, program kesehatan gratis dan kenaikan gaji guru tenaga harian lepas (THL) atau honorer. "Seragam sekolah gratis sudah dibagikan oleh bapak Bupati, dan program kenaikan gaji guru untuk THL juga sudah dilaksanakan," katanya.

Program kesehatan gratis dengan membayarkan iuran kepesertaan Badan Penyelenggara Jamiman Sosial atau BPJS Kesehatan masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara, juga sudah berjalan.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA