Jumat, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Jumat, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

JK Tanggapi Banyak Menteri dari Kalangan Pemuda

Rabu 23 Okt 2019 12:56 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Muhammad Hafil

Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju mengikuti upacara pelantikan yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju mengikuti upacara pelantikan yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Foto: Antara/Wahyu Putro A
JK mengingatkan dunia usaha berbeda dengan dunia kerja.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Wakil Presiden era 2014-2019 Jusuf Kalla (JK) merespon jajaran kabinet Indonesia Maju Pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Salah satunya kalangan muda yang mengisi kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf.

Baca Juga

Mereka adalah pengusaha muda seperti Nadiem Makarim yang ditunjuk menjadi Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Pendidikan Tinggi, lalu Erick Thohir sebagai Menteri BUMN, Bahlil Lahadalia sebagai Kepala BKPM. JK menilai jabatan tersebut merupakan ujian bagi anak-anak muda untuk menunjukan kemampuan dalam bidang birokrasi.

"Ya, ini juga ujian, ujian untuk adik-adik muda kayak Nadiem, dan Erick, Bahlil, untuk memperlihatkan kemampuannya, memang dunia usaha dengan bidang birokrat pemerintahan itu berbeda, tapi harus dilalui dengan baik, dengan pengalaman-pengalaman itu penting," ujar JK saat ditemui wartawan di kediamannya di Jalan Brawijaya VI, Jakarta, Rabu (23/10).

JK mengingatkan kepada menteri muda, adanya perbedaan antara di dunia usaha dengan pemerintahan. Menurutnya, jika dunia usaha tujuannya adalah hasil dan prosesnya bisa diubah, tidak halnya dengan pemerintahan.

"Di dunia usaha itu hasilnya, prosesnya bisa diubah, tapi kalau pemerintahan, prosesnya tidak bisa diubah, tapi bagaimana bisa mencapai hasil dengan baik," ujar JK.

JK juga mengomentari secara keseluruhan jajaran Menteri Jokowi-Ma'ruf yang ia yakini memiliki kemampuan bekerja, baik sosok lama maupun baru.

Karena itu, JK mengajak semua pihak untuk memberikan kesempatan kepada jajaran menteri kabinet baru untuk berkerja.

"Semua saya kenal baik dan saya tahu punya kemampuan bekerja. Tentu kita memberikan kesempatan kepada pendukung dan memberi kesempatan kepada kabinet di bawah pimpinan Pak Jokowi untuk bekerja sebaik-baiknya," ujar JK.

JK juga menyampaikan selamat kepada para menteri yang sudah dilantik dan akan mendukung kerja Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf lima tahun mendatang.

"Pertama saya ingin mengucapkan selamat pada teman-teman yang baru dilantik, ya kan semua menteri ini semua kenal baik, semua adik-adik saya, baik yang lama juga yang baru, semua saya kenal baik dan saya tahu punya kemampuan bekerja," ujar JK.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA