Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Pengusaha Pariwisata Tunggu Inovasi dan Kinerja Menparekraf

Rabu 23 Oct 2019 16:45 WIB

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Andi Nur Aminah

Bertemu Presiden Jokowi. Komisaris NET Mediatama Wishnutama usai bertemu Presiden Joko Widododi Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10).

Bertemu Presiden Jokowi. Komisaris NET Mediatama Wishnutama usai bertemu Presiden Joko Widododi Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10).

Foto: Republika/ Wihdan
Wishnutama diniai punya kapabilitas memadukan pariwisata dengan industri kreatif.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo telah menunjuk wishnutama sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf). Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) menilai Wishnutama merupakan sosok yang tepat untuk menduduki kursi tersebut.

Baca Juga

"Sosok Wishnutama memilki kemampuan bekerja cepat memangkas regulasi dan mempercepat birokrasi terkait pengembangan dan kemudahan investasi di bidang pariwisata," kata Wakil Ketua Umum GIPI Michael Umbas di Jakarta, Rabu (23/10).

Dia menilai Wishnutama merupakan sosok yang dapat bekerja profesional, out of the box minded. Dia berpendapat, menteri terpilih itu memiliki kapabilitas untuk memadukan pariwisata dengan industri kreatif dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan dan kualitas pariwisata.

Dia meminta menteri pariwisata anyar itu untuk segera mempercepat aktivasi lima destinasi super prioritas yang sudah ditetapkan presiden dengan memberdayakan semua potensi dan sumber daya lokal. Untuk mewujudkan ini, dia mengatakan, penting segera membangun konektivitas, kesiapan akses serta amenitas dimana presiden sudah sampaikan akan didukung penuh oleh Menhub, Menteri PUPR juga Menteri BUMN.

Dia mengungkapkan, salah satu tantangan penting juga membangun Sumber Daya Manusia (SDM) bidang Pariwisata yang lebih unggul dan berdaya saing. Dia optimistis menteri terpilih memiliki pengalaman profesional yang kuat sehingga memahami proses penyiapan SDM dengan standard yang tinggi.

Dia berharap target sekitar 20 juta kedatangan wisatawan asing dapat tercapai di era pemerintahan yang baru dilantik ini. Menurutnya, target itu bukan angka yang fantastis jika semua pra syarat dan kesiapan infrastruktur dikerjakan simultan, bersinergi, kolaborasi bersama antara pemerintah, asosiasi, industri dan masyarakat.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA