Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Pelantikan Menteri Kabinet dalam Cicitan Netizen

Kamis 24 Oct 2019 05:26 WIB

Red: Muhammad Hafil

Pelantikan Kabinet Indonesia Maju. Jajaran Kabinet Indonesia Maju mengikuti acara perkenalan bersama Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10).

Pelantikan Kabinet Indonesia Maju. Jajaran Kabinet Indonesia Maju mengikuti acara perkenalan bersama Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10).

Foto: Republika/ Wihdan
Ada 10 menteri yang paling banyak disebut netizen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengumuman nama-nama menteri anggota Kabinet Indonesia Maju yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (23/10) disambut gembira mayoritas netizen (warganet) di media sosial Twitter. 

"Emosi terbesar netizen di Twitter sepanjang Rabu (23/10) hingga pukul 14.20 WIB adalah Joy, Anticipation dan Trust," ujar Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2) Rustika Herlambang melalui siaran persnya yang diterima Republika.co.id, Selasa (23/10).

Berdasarkan analisis yang dilakukan Indonesia Indicator, isu pengumuman para menteri ini diperbincangkan 52.615 akun dengan total percakapan sebanyak 161.180 cuitan. Sebanyak 95 persen akun yang menanggapi perkenalan para menteri adalah akun manusia.

Menurut Rustika, ketiga emosi yakni Joy, Anticipation dan Trust itu mendominasi Netizen pada saat Jokowi mengumumkan para Menteri dan juga situasi perkenalan para Menteri yang dilakukan secara lesehan.

"Sentimen negatif yang dimunculkan Netizen hanya sebesar 14,8 persen." kata Rustika. Situasi ini, menurut dia, sudah menurun dibanding pada Selasa (22/10) yang sempat mencapai 25 persen. "Akibat adanya beberapa nama menteri yang kontroversial di mata netizen."

Yang menarik, lanjut Rustika, komposisi netizen perempuan yang merespons isu menteri ini cukup besar jika dibanding isu politik lainnya, yakni sebesar 45 persen. Sementara pria mencapai 55 persen. "Netizen perempuan lebih menngungkapkan rasa syukur dan kegembiraan atas pengumuman kabinet maju kali ini. Emosi terbesarnya Joy, disusul Anticipation."

Sementara netizen laki-laki, didominasi oleh emosi Anticipation, yang memberikan harapan, kekhawatiran, selain ucapan selamat. Dari sisi usia, papar Rustika, sebanyak 85 persen netizen yang merespons isu pengumuman dan perkenalan menteri itu adalah netizen milenial.

Indonesia Indicator mencatat ada 10 nama menteri Kabinet Kerja II yang paling banyak disebut oleh netizen. Salah satu nama yang menggiringi isu pengumuman menteri adalah munculnya nama Prabowo Subianto. Nama Ketua Umum DPP Partai Gerindra itu disebut netizen sebanyak 58.541 cuitan.

"Nama ini diperbincangkan dengan pro dan kontra, meski terdapat dukungan dari beberapa pihak agar mulai mendukung perdamaian antara Jokowi dan Prabowo,"  ujar Rustika. 

Nama menteri lainnya yang dibincangkan media adalah Nadiem Makariem sebanyak 24.812 cuitan, Tito Karnavian 15.576 cuitan, Mahfud MD 4.369 cuitan, Erick Thohir 3.796 cuitan, Luhut B Pandjaitan 3.702 cuitan, Sri Mulyani 2.710 cuitan, Yasonna Laoly 2.665 cuitan, Abdul Halim 2.438 cuitan dan Fachrul Razi 2.422 cuitan.

Menunggu Susi

Rustika menambahkan, hal yang juga ditunggu netizen adalah nama Susi Pudjiastuti,yang ternyata tidak muncul hingga pada saat pengenalan Menteri. "Pembicaraan mengenai Susi Pudjiastuti hanya terfokus pada 1 cluster, kelompok berikut merupakan kelompok pendukung Jokowi yang menginginkan Susi menjabat kembali menjadi Menteri kelautan," kata Rustika.

Pada Selasa (23/10), netizen pendukung Susi beramai-ramai membuat tagar #wewantsusi. Menurut Rustika, selama lima tahun terakhir, Susi adalah sosok media darling dan mediagenic di medsos Twitter. "Dalam riset Indonesia Indicator terkait tahun terakhir kinerja menteri, Susi menduduki posisi pertama," kata Rustika. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA