Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Janji Para Menteri untuk Indonesia Maju

Kamis 24 Oct 2019 08:40 WIB

Red: Budi Raharjo

Pelantikan Kabinet Indonesia Maju. Jajaran Kabinet Indonesia Maju mengikuti acara perkenalan bersama Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10).

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto bersiap mengikuti foto bersama seusai pelantikan menteri Kabinet Indonesia Maju di Beranda Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Foto: Antara/Wahyu Putro A
Sumber daya manusia menjadi kunci suksesnya misi Kabinet Indonesia Maju.

Sumber daya manusia

Isu kesejahteraan dan kesehatan akan menjadi pekerjaan rumah bagi Menteri Sosial dan Menteri Kesehatan Dokter Terawan Agus Putranto. Seusai dilantik Presiden Jokowi, dr Terawan ingin menyelesaikan misi yang ditugaskan Presiden, mulai dari stuntinghingga isu kenaikan iuran BPJS Kesehatan. Ia menga takan, visi Presiden adalah menyiapkan sumber daya manusia yang mumpuni.

"(Tantangan) bidang kesehatan ya masalah stunting, BPJS, masalah pelayanan preven tif dan promotif, itu yang harus dimajukan, dan banyak hal yang sekiranya bisa men dukung visi SDM bisa tercapai," kata Terawan. Penanganan stunting, kata Terawan, akan menjadi fokus program kerja pemerintah.

Ia beralasan, kualitas tumbuh kembang anak merupakan modal paling awal dalam memba ngun SDM berkualitas. Terkait isu kenaikan iuran BPJS Kesehatan, dr Terawan berjanji segera berkoordinasi dengan pihak BPJS Kesehatan dan pihak lain terkait untuk membahas isu ini. Menurut dia, kebijakan kenaikan iuran peserta atau opsi solusi lain harus seimbang, tidak memberatkan masyarakat ataupun negara.

SDM yang kreatif ini juga menjadi kunci sukses untuk memajukan pariwisata nasional. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusbandio, menuturkan, lebih baik agenda wisata tidak perlu banyak, tapi berkualitas dan mampu mendatang kan wisatawan yang juga berkualitas. Terutama, wisatawan mancanegara yang memiliki tingkat spendingatau belanja yang besar.

Ia menjanjikan sektor pariwisata Indonesia ke depan dapat menciptakan daya tarik yang kuat demi memenangkan kompetisi dengan negara lain. "Kemampuan krea tivitas kita harus lebih baik. Daya tarik itu kita ciptakan. Merawat pemberian Tuhan, mengolah destinasi menjadi penopang krea tivitas wisata," ujar Wishnutama.

Pada sektor kelautan, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menjanjikan untuk memperbaiki hubungan antara nelayan dan pemerintah."Yang jelas perintah Pak Presiden dua hal kepada saya, untuk memperbaiki hubungan dengan para nelayan yang katanya selama ini ada perbedaan antara penilaian pemerintah dan penilaian nelayan itu sendiri," kata Edhy menjelaskan.

Terkait penenggelaman kapal yang melanggar aturan, Edhy masih akan tetap melanjutkan kebijakan yang dilakukan menteri KKP sebelumnya, Susi Pudjiastuti. Namun, ia menegaskan, penenggelaman kapal merupakan pilihan terakhir.

"Jangan langsung dihukum. Ini yang mau kita jalankan. Jangan tiba-tiba hukum hukum-hukum, tapi solusinya apa. Karena, mereka ini kan perlu pembinaan. Tidak semua nelayan ini memahami. Ada yang terpaksa karena hanya dia harus menyekolahkan anaknya butuh uang," ujarnya.

Untuk sektor koperasi dan UMKM, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki ingin menaik kelaskan UMKM selama lima tahun menjabat. UMKM akan menjadi andalan dalam pembangunan ekonomi Indonesia. "Jadi, UMKM akan jadi andalan Presiden untuk ber kontribusi terhadap perekonomian nasional, juga penyerapan lapang an kerja," kata dia.

photo
Menteri Agama Fachrul Razi menjawab pertanyaan wartawan usai serah terima jabatan (Sertijab) di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Rabu (23/10).


Perangi radikalisme
Menteri Agama Fachrul Razi mengaku memiliki tugas untuk menghadapi radikalisme. "Saya berpikir mungkin beliau membayangkan juga bahwa belakangan ini potensi-potensi radikalisme cukup kuat sehingga beliau berpikir pasti Pak Fachrul mungkin punya terobosan-terobosan lah dalam kaitan menangkal radikalisme ini," ujarnya.

Ia mengaku Islam merupakan agama penuh kedamaian dan rahmat bagi alam semesta. Islam merupakan agama yang mengajak pada persatuan. (sapto andika candra/mimi kartika/dessy suciati saputri/nawir arsyad akbar/dedy darmawan/dea alvi ed:agus raharjo)

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA