Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Susi Pudjiastuti Jadi Kebanggaan Masyarakat Pangandaran

Senin 28 Oct 2019 09:33 WIB

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

Banyak program kemaritiman Susi diterapkan di Pangandaran.

PANGANDARAN, AYOBANDUNG.COM --Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran menilai mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti banyak membantu berbagai pembangunan di wilayahnya. Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, banyak program kemaritiman menteri pada Kabinet Kerja Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla itu yang diterapkan di Pangandaran.

Selain bantuan secara langsung, Susi juga menginisiasi pembangunan Pusat Kajian Kelautan dan Perikanan atau Pangandaran Integrated Aquarium and Marine Research Institute (PIAMARI). Bahkan, berkat dia saat ini Pangandaran memiliki Politeknik Kelautan dan Perikanan.

"Bantuan beliau sangat banyak. Yang paling luar biasa, kalau saya susah bertemu menteri atau dirjen, dibantu oleh beliau. Saya minta tolong, dia yang telepon," kata dia, Sabtu (26/10).

Karena itu, Jeje merasa perlu untuk menyambut langsung kepulangan Susi setelah menyelesaikan jabatannya sebagai menteri. Menurut dia, awalnya penyambutan hanya akan dilakukan oleh sejumlah pejabat Pemkab Pangandaran. Namun, lanjut dia, Kepala Dinas Pendidikan mengusulkan untuk mengajak para pelajar ikut menyambut, dan para pelajar pun sangat antusias.

Alhasil, acara penyambutan kepulangan Susi ke kampung halamannya terasa meriah. Setidaknya terdapat ribuan pelajar, mulai dari SD, SMP, hingga SMA, yang ikut berkumpul menunggu kedatangan Susi.

"Memang beliau kebanggaan masyarakat Pangandaran. Beliau juga berperan mempopulerkan nama Pangandaran di tingkat nasional dan internasional," kata dia.

Jeje mengaku sedikit kecewa karena Presiden Jokowi tak lagi memilih Susi sebagai menteri. Namun, pilihan itu merupakan hak prerogratif Presiden yang mesti dihormati.

Ia optimistis, meski tak lagi menjabat sebagai menteri, Susi akan tetap memiliki peran. Bukan hanya untuk kemajuan Pangandaran, melainkan  juga di tingkat nasional.

Sementara itu, Susi mengaku senang dapat kembali ke kampung halamannya setelah menyelesaikan tugas menjadi menteri. Meski tak lagi menjadi menteri yang mengurusi laut, ia mengatakan tetap akan peduli dengan laut. Pasalnya, laut adalah tempatnya tumbuh dan berkembang. Ditambah, kampung halamannnya juga memiliki laut yang indah.

Namun dalam waktu dekat, Susi belum mau menjawab kegiatan yang akan dilakukan selanjutnya. "Mau libur dulu," ujar dia.

AYO BACA : Edhy Prabowo Gantikan Susi, Pengamat Sebut Harus Cepat Adaptasi

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA