Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

Puan: Satu Kementerian Hanya Bermitra dengan Satu Komisi

Selasa 29 Oct 2019 14:18 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Teguh Firmansyah

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani

Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Dengan perubahan ini diharapkan komisi lebih fokus melakukan pengawasan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR Puan Maharani memastikan satu kementerian hanya bermitra dengan satu komisi di DPR RI. Berbeda dengan periode sebelumnya ada satu kementerian yang bermitra dengan lebih dari satu komisi.

"Alhamdulillah, kami berhasil menyusun satu kementerian bermitra dengan satu komisi sehingga nantinya komisi lebih fokus melakukan pengawasan terhadap kinerja kementerian," kata Puan dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Selasa (29/10).

Ia mencontohkan, pada periode lalu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bermitra dengan Komisi IV & Komisi VII. Sedangkan saat ini KLHK hanya akan bermitra di komisi IV.

"Sehingga sering lempar tanggung jawab, butuh energi dan waktu untuk koordinasi," ujarnya.

Kesepakatan satu kementerian bermitra dengan satu komisi tercapai dalam Rapat Konsultasi DPR Pengganti Bamus yang  dihadiri pimpinan DPR dan seluruh pimpinan fraksi, pada Senin (28/10). Rencananya DPR akan mengesahkan keputusan tersebut dalam Rapat Paripurna Ke IV DPR RI Selasa (29/10) siang ini.

Rapat Paripurna hari ini sekaligus juga akan mengesahkan 11 Komisi DPR RI beserta ruang lingkup dan tugasnya. Puan berharap keputusan tersebut bisa membuat DPR memaksimalkan fungsi pengawasannya.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA