Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Soal Pilkada Solo, Achmad Purnomo akan Patuhi Keputusan PDIP

Selasa 29 Oct 2019 22:32 WIB

Red: Ratna Puspita

Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo (kemeja putih)

Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo (kemeja putih)

Foto: Republika/Binti Sholikah
Achmad Purnomo merupakan calon tunggal dari DPC PDIP Surakarta pada Pilkada 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Wakil Wali Kota Surakarta Achmad Purnomo memastikan tegak lurus dengan keputusan PDI Perjuangan. Achmad Purnomo merupakan calon tunggal dari Dewan Pengurus Cabang (DPC) PDIP Surakarta pada Pilkada 2020.

Baca Juga

"Saya 'kan kader, petugas partai, yang menilai kinerja saya pimpinan, bukan saya sendiri. Apa pun itu saya siap melaksanakan apa yang diputuskan oleh partai," katanya di Solo, Selasa (29/10).

Nama putra sulung Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, santer dikabarkan menjadi pesaing Achmad Purnomo sebagai calon peserta Pilkada Surakarta 2020 yang diusung PDIP. Ia menyadari meskipun saat ini partai di tingkat kota memilih dirinya dan Teguh Prakoso sebagai calon tunggal yang diusung PDIP pada pelaksanaan Pilkada 2020, keputusan akhir tetap ada di tingkat Dewan Pengurus Pusat (DPP).

"Nanti DPP mungkin ada calon lain. Semua pasti lewat proses, mungkin nanti akan ada seleksi. Kalau keputusan partai jatuh pada Mas Gibran, ya, kami dukung Mas Gibran. Kalau jatuh kepada saya, ya, saya akan melaksanakan," kata Achmad Purnomo.

Ia memastikan tidak akan ada keputusan sendiri meski PDIP tidak jadi mengusung pasangan Achmad Purnomo dan Teguh Prakoso. Ia memastikan apa pun yang menjadi keputusan pusat, pengurus tingkat kota harus melaksanakannya.

Menyinggung soal kepergian Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo yang juga Ketua DPC PDIP Surakarta ke Jakarta, beberapa waktu lalu, dia mengatakan, kepergian itu untuk menjelaskan kepada pengurus tingkat pusat bahwa peta politik di Kota Solo sudah jelas. "Jadi, Pak Rudy ke Jakarta hanya menjelaskan bahwa di Solo itu begini (hanya mengusung Achmad Purnomo dan Teguh Prakoso, red.), tinggal DPP terserah. Tentang pencalonan seperti yang disampaikan Pak Rudy, tidak ada perubahan," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA