Thursday, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 January 2020

Thursday, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 January 2020

Idham Azis Resmi Jadi Kapolri

Jumat 01 Nov 2019 10:02 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani

Kapolri Jenderal Polisi Idham Aziz saat dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (1/11).

Kapolri Jenderal Polisi Idham Aziz saat dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (1/11).

Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Komjen Pol Idham Azis juga mendapatkan kenaikan pangkat menjadi Jenderal Polisi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Komjen Pol Idham Azis sebagai Kapolri di Istana Negara, Jakarta, Jumat (1/11) pagi ini. Ia menggantikan Jenderal (Purn) Tito Karnavian yang diangkat sebagai Menteri Dalam Negeri.

Pelantikan tersebut berlangsung pada pukul 09:30 WIB. Presiden melakukan pelantikan berdasarkan Keputusan Presiden No 97/Polri tahun 2019 tentang pengesahan pengangkatan Kepala Polri RI. Usai pembacaan Keppres pengangkatan, Presiden Jokowi kemudian mengambil sumpah jabatan terhadap Kapolri Idham Azis. 

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya, akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila, dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara," ucap Presiden saat pengambilan sumpah jabatan yang kemudian diikuti oleh Idham Azis.

Kemudian, Komjen Pol Idham Azis juga mendapatkan kenaikan pangkat menjadi Jenderal Polisi berdasarkan Keputusan Presiden RI No 98/Polri Tahun 2019 tentang kenaikan pangkat golongan perwira tinggi Polri. Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pengambilan sumpah jabatan.

Sebelumnya Komisi III DPR menggelar uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap calon Kapolri Komjen Idham Azis pada Rabu (30/10). Dalam pembicaraan antara kapoksi dan pimpinan komisi III DPR secara aklamasi telah menyepakati Komjen Idham Azis sebagai calon Kapolri.

Tampak hadir dalam acara ini di antaranya yakni Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Agama Fachrul Razi, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Kesehatan Terawan, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah, Menperin Agus Gumiwang, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama.

Selain itu, hadir pula Presiden kelima Megawati Soekarnoputri, Wamen Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Wakil Ketua MPR Arsul Sani, dan Ketua DPR Puan Maharani.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA