Selasa, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Selasa, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Gelar Donor Darah, RSGM UMY Kumpulkan 50 Kantong Darah

Kamis 07 Nov 2019 04:59 WIB

Rep: Silvy Dian Setiawan / Red: Gita Amanda

Donor darah (ilustrasi)

Donor darah (ilustrasi)

Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Donor darah bertujuan untuk membantu pihak yang membutuhkan darah

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (RSGM UMY) menggelar kegiatan donor darah, Rabu (6/11) lalu. Ada 50 kantong darah yang berhasil dikumpulkan dalam setengah hari pelaksanaan kegiatan tersebut. 

Kegiatan ini digelar dalam rangka milad 1 dasawarsa atau sepuluh tahun usia RSGM UMY. Koordinator  Milad 1 Dasawarsa RSGM UMY, Astrid Nurqodri, mengatakan acara ini digelar bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Yogyakarta.

Pendonor yang berpartisipasi sendiri, berasal dari berbagai usia. Yakni mulai dari 20 hingga 50 tahun. "Alhamdulillah peserta yang mengikuti acara ini juga memenuhi target yang sudah direncanakan," kata dalam siaran pers yang diterima Republika, Rabu. 

Astrid mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk membantu pihak yang membutuhkan darah. Sebab, darah menjadi salah satu kebutuhan yang paling dicari pada sektor kesehatan. 

"Kemudian acara donor darah juga digunakan sebagai sarana promosi RSGM UMY kepada masyarakat, sehingga lebih dikenal masyarakat," kata Astrid.

Astrid menjelaskan, ketika seseorang mendonorkan darah, banyak manfaat yang bisa didapat. Salah satunya dapat meregenerasi darah dalam tubuh.

Sehingga menjadikan tubuh lebih segar dan bugar. Namun, lanjutnya, ada hal-hal yang harus diperhatikan bagi pendonor. 

"Sebelum memberikan darah, kita juga perlu untuk mempersiapkan tubuh. Jangan sampai setelah darah diambil malah tubuh ini menjadi lemas. Tetapi sejatinya donor darah bisa memberikan manfaat bagi diri sendiri maupun orang lain," jelasnya.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA