Monday, 13 Sya'ban 1441 / 06 April 2020

Monday, 13 Sya'ban 1441 / 06 April 2020

Kongres Nasdem Bakal Bahas Pilkada 2020 dan Pilpres 2024

Rabu 06 Nov 2019 13:22 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Teguh Firmansyah

Surya Paloh

Surya Paloh

Nasdem menargetkan 50 persen kemenangan pada gelaran pilkada.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPP partai Nasional Demokrat (Nasdem) Willy Aditya mengungkapkan, ada tiga agenda yang akan dibahas partai dalam kongres II nanti. Salah satunya, berkenaan dengan persiapan Pilkada 2020 dan Pilres empat tahun selanjutnya.

"Untuk agenda kongres ada tiga agenda besar, pertama tentu garis besar haluan partai, kedua tentang aksi partai dan Pemilu 2024, dan ketiga rekomendasi terkait dengan pemerintahan Presiden Jokowi," kata Willy Aditya di Jakarta, Rabu (6/11).

Willy mengatakan, rekomendasi yang dimaksud tidak berkaitan dengan safari politik yang dilakukan Nasdem ke Partai Keadilam Sejahtera (PKS) beberapa waktu lalu dan Partai Amanat Nasional (PAN) pada November nanti. Dia mengatakan, silaturahmi kebangsaan dan rekomendasi kepada pemerintah merupakan dua hal terpisah.

Terkait Pilkada, Willy mengatakan, Nasdem membidik kemenangan minimal 50 persen. Angka itu masih berada di bawah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang sempat mengungkapkan menargetkan 60 persen kemenangan dalam Pilkada serentak nanti.

"Beberapa Pilkada lalu kami mendapatkan hasil yang bagus dan saat adalah bagaimana mempertahankan itu dan kalau target sebanyak mungkinlah tapi minimal 50 persen," katanya.

Seperti diketahui, Nasdem akan menggelar kongres lima tahunan pada 8 hingga 11 November mendatang. Willy mengatakan, kongres kemungkinan juga akan mengukuhkan kembali Surya Paloh sebagai Ketua Umum partai.

"Ketua Umum ditetapkan oleh majelis tinggi dan nanti DPW dan DPD mengusulkan ke majelis tinggi. Sejauh ini hampir semua aspirasi menginginkan kembali Surya Paloh jadi ketua dan akan disahkan nanti dalam sidang majelis tinggi," katanya.

Baca Juga

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA