Minggu, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 Februari 2020

Minggu, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 Februari 2020

Anies Diundang Pembukaan Kongres Nasdem, Jokowi Penutupan

Rabu 06 Nov 2019 17:18 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Ratna Puspita

Ketua Steering Committee (SC) Kongres II Partai NasDem Johnny G Plate (tengah) bersama Ketua Organizing Committee (OC) Amelia Anggraini (kiri) dan juru bicara kongres Okky Asokawati (kanan) memberikan keterangan pers menjelang Kongres II dan HUT ke-8 Partai Nasdem di kantor DPP NasDem, Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Ketua Steering Committee (SC) Kongres II Partai NasDem Johnny G Plate (tengah) bersama Ketua Organizing Committee (OC) Amelia Anggraini (kiri) dan juru bicara kongres Okky Asokawati (kanan) memberikan keterangan pers menjelang Kongres II dan HUT ke-8 Partai Nasdem di kantor DPP NasDem, Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Nasdem mengundang tokoh-tokoh internal pada pembukaan Kongres II.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diundang untuk menghadiri pembukaan Kongres II Partai NasDem di JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, pada 8 November 2019. Sementara Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan hadir pada penutupan 11 November 2019. 

Baca Juga

Ketua OC Kongres II yang juga Ketua DPP Bidang Perempuan dan Anak, Amelia Anggraini, mengatakan, pada pembukaan Kongres II NasDem rencananya tidak mengundang tokoh maupun pejabat partai politik. Namun, Partai NasDem mempercayakan Anies selaku tuan rumah untuk memberikan sambutan pada pembukaan.

Anies diminta untuk memberikan sambutan setelah Ketua Umum Nasem Surya Paloh membuka Kongres II. "Pada pembukaan nanti, kami akan mengundang tokoh-tokoh internal saja, tetapi ada juga tamu dalam kapasitasnya sebagai gubernur DKI untuk memberi sambutan," kata dia di Kantor DPP Partai NasDem, Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (6/11).

Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, dan jajaran Kabinet Indonesia Maju akan diundang pada penutupan Kongres II. Begitu juga dengan ketua partai politik, baik koalisi maupun non-koalisi, akan diundang pada hari terakhir pada Jumat (8/11) nanti.  

"Ada beberapa tamu VIP yang kami undang. Untuk presiden dan wapres serta kabinet jilid 2 dan ketua parpol akan kami undang pada penutupan kongres di tanggal 11 mendatang," katanya.

Langkah Nasdem yang mengundang kepala negara, menteri, serta ketua umum partai politik pada akhir acara berbeda dengan partai lainnya yang mengundang presiden saat pembukaan. Belum diketahui apakah presiden akan memberikan sambutan atau tidak.

Sekretaris Jendral Nasdem Johnny G Plate menjelaskan Anies diundang bersama dengan kader internal Nasdem lainnya di hari pertama karena dia merupakan salah satu eksponen Nasdem. Anies, dia mengatakan, akan hadir bersama gubernur lainnya yang berasal dari keluarga besar Partai Nasdem seperti Gubernur NTT viktor laiskodat, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 

Jhonny mengatakan, Kongres II akan dimanfaatkan untuk mematangkan strategi guna mencanangkan kemenangan di Pilkada 2020. Kongres, dia melanjutkan, juga akan membahas pemenangan Pemilu Legislatif serta Pemilihan Presiden di 2024.

Nasdem mengaku persiapan pelaksanaan Kongres II hingfa kini telah mencaapi 90 persen. Tamu yang diperkirakan hadir sekitar 8000 orang. Ribuan peserta kongres itu terdiri dari DPP, DPW, DPD di tingkat kab/kota se Indonesia. 

"Yang akan hadir pejabat terasnya, peserta peninjau majelis tinggi partai, mahkamah partai, dewan pertimbangan, dewan pakar, sayap partai, akademi bela negara Nasdem hingga legislator atau anggota DPR dan DPD se-Indonesia," katanya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA