Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Ini Alasan Nasdem Pilih Anies Buka Kongres Malam Ini

Jumat 08 Nov 2019 19:14 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Teguh Firmansyah

Anies Baswedan dan Surya Paloh.

Anies Baswedan dan Surya Paloh.

Foto: Republika
Anies dijadwalkan hadir dalam pembukaan Kongres Partai Nasdem.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Pelaksana Kongres dan HUT ke-8 Partai Nasdem Charles Meikyansah mengungkapkan alasan Partai Nasdem memilih Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang membuka kongres Partai Nasdem malam ini. Ia menuturkan, karena kongres dilakukan di Jakarta, Anies Baswedan sebagai gubernur DKI Jakarta akan membuka kongres tersebut.

"Kenapa kok Anies? Karena kalau kongres dilakukan di Sulawesi Tenggara, maka yang akan membuka Kongres Nasdem adalah Gubernur Ali Mazi yang merupakan kader Nasdem. As simple as that," kata Charles, Jumat (8/11).

Sementara itu, karena pada kongres kali ini berbarengan dengan perayaan HUT ke-8 Partai Nasdem, panitia memutuskan untuk mengundang Presiden Jokowi pada puncak acara 11 November 2019 mendatang. Tidak hanya Presiden, Nasdem juga mengundang seluruh pimpinan partai politik baik partai koalisi maupun partai oposisi. Mulai dari Megawati Soekarnoputri, Airlangga Hartarto, Prabowo Subianto, Muhaimin Iskandar, Suharso Manoarfa, Susilo Bambang Yudhoyono, Zulkifli Hasan, hingga Sohibul Iman.

"Mengapa ulang tahun ke-8 kali ini begitu penting bagi Nasdem? Karena pada ulang tahun ke-8, Nasdem mendapatkan kado yang spesial, yaitu kenaikan yang signifikan baik perolehan suara secara nasional maupun kursi di parlemen sekaligus mampu memenangkan presiden Joko Widodo dan Ma’ruf Amin dalam pilpres," katanya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dijadwalkan bakal menghadiri pembukaan Kongres II dan HUT ke-8 Partai Nasdem Jumat (8/11) malam ini di Jiexpo Kemayoran, Jakarta. Sekjen Nasdem Johnny G Plate berharap rencana tersebut tidak berubah. "Sampai dengan saat ini, kesediaan untuk hadir ya. Mudah-mudahan belum berubah," kata Plate ditemui di lokasi kongres.

Menurut dia, kehadiran Anies tersebut tidak lain karena Anies adalah pemimpin di Jakarta. Anies juga dijadwalkan akan menyampaikan sambutannya pada kongres yang digelar nanti malam.

Baca Juga

"Mudah-mudahan tidak ada halangan untuk memberikan ucapan selamat datangnya kepada keseluruhan peserta kongres," ujarnya.

Partai Nasdem menggelar Kongres II dibarengi dengan perayaan HUT ke-8. Kegiatan tersebut akan digelar sejak 8-11 November 2019 mendatang. Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh direncanakan juga akan menyampaikan pengarahan di pembukaan kongres malam ini.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA