Selasa, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Selasa, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Waduk Cisokan Dibangun Januari 2020, Plt Bupati Sumringah

Sabtu 09 Nov 2019 21:47 WIB

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

Kabupaten Cianjur tidak akan lama lagi akan memiliki dua waduk pembangkit listrik

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM--Kabupaten Cianjur tidak akan lama lagi akan memiliki dua waduk pembangkit listrik tenaga air (PLTA), yakni waduk Cisokan dan Cirata.

Hal itu terungkap saat penandatanganan addendum ketiga perjanjian kerja sama antara Pemkab Cianjur dan PT PLN (Persero) UIP JBT I, di Pendopo Pemkab Cianjur, Jumat (8/11/2019).

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagain Tengah I, Octavianus Duha mengatakan pada Januari tahun depan sudah mulai pembangunannya.

"Insya Allah, nanti Januari 2020 akan dimulai kegiatan konstruksi," kata Octavianus Duha pada sambutannya.

PLTA Upper Cisokan Pumped Storage, ungkap Duha berkapasitas sebanyak 1.040 megawatt. Lokasi pembangunannya berada di Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Cianjur. 

"PLTA Upper Cisokan ini merupakan salah satu proyek strategis nasional dengan kapasitas listrik bisa menghasilkam 1.040 megawatt," tuturnya.

Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengatakan meskipun pembangunan Upper Cisokan Pumped Storage belum dimulai, tetapi masyarakat Cianjur, terutama yang terdampak, sudah merasakan keuntungan. Artinya, PLN sebagai pelaksana pembangunan telah membangun konstruksi infrastruktur yang terintegrasi dari Kecamatan Haurwangi, Bojongpicung, hingga ke Cibeber. 

"Kami berterima kasih karena infrastruktur jalan yang dibangun PLN berkonstruksi cor beton. Kuat lah untuk 25 tahun ke depan," ucapnya. 

Herman pun sudah menguji coba akses jalan dari Haurwangi hingga ke Cibeber. Jadi, masyarakat dari arah Bandung yang ingin ke wilayah selatan tidak perlu ke arah pusat perkotaan Cianjur dulu.

"Kualitas jalannya cukup bagus. Ada penghematan waktu sekitar 30 menit hingga 45 menit," tandasnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA