Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Kisah YouTuber Perempuan Hobi Mendaki Gunung di Indonesia

Sabtu 09 Nov 2019 14:06 WIB

Rep: jatimnow.com/ Red: jatimnow.com

.

.

Hobi mendaki hingga puncak gunung, kini banyak diselami kaum hawa.

jatimnow.com - Menjadi seorang perempuan pendaki gunung di Indonesia, kenapa tidak? Hobi atau passion pendakian kini tak semata milik kaum laki-laki.

Hobi mendaki hingga puncak gunung, kini banyak diselami kaum hawa. Salah satunya, Uki Wardoyo. Uki berbagi pengalaman berpetualangnya dalam sesi sharing bersama Eiger dalam rangkaian acara Indofest yang dihelat di JX International Exhibition pada 7-10 Nopember ini.

Kali pertama Uki melakukan ekspedisinya pada 2011 ke Gunung Lawu. Sayang, waktu itu tidak sampai puncak pendakian. Dia pun penasaran dan terlecut untuk mengulanginya.

Setahun kemudian dia berhasil menuntaskan hasrat itu. Sejak itu, dia ketagihan dan pendakian demi pendakian telah dilaluinya.

"Sekitar 80 persen gunung di Jawa sudah saya coba," katanya dalam siaran pers yang diterima redaksi, Sabtu (9/11/2019).

Uki mengaku rutin melakukan pendakian dan menjadi YouTuber. Beberapa gunung yang berhasil didaki adalah Gunung Raung, Tambora, Rinjani, Sinabung, Semeru, Arjuna, Merapi, Merbabu, Slamet, Sindoro, Sumbing, Lawu, hingga Gunung Ciremai pernah dijajaki.

Menurutnya, perempuan pun bisa melakukan manajemen pendakian. Yakni, dengan melakukan perencanaan dengan baik.

Survei tentang lokasi harus dilakukan jauh hari sehingga tahu bekal apa yang harus dibawa dan disiapkan. Pakaian apa yang cocok dibawa dan tidak. Perlukah membawa aksesoris atau make up yang berlebihan atau tidak.

"Sudah naluri perempuan kalau ingin tampil bersih atau dandan. Bisa saja walau mendaki gunung. Kalau mau melakukan itu, ya bangun lebih awal dari yang lain. Itu selalu saya lakukan," ucapnya.

Uki juga berbagi tips traveling yang nyaman dan aman dalam sebuah pendakian. Uki ingin mengubah mindset bila perempuan mampu melakukan traveling yang ekstrim tapi dengan penuh bertanggung jawab dan aman tanpa merepotkan laki-laki.

Semakin semarak dengan kehadiran musisi Navicula yang turut menghimbau pengunjung agar selalu menjaga kelestarian lingkungan melalui beberapa lirik lagu yang dilantunkan.

Dalam event Indofest ini banyak sesi sharing menarik antara lain, sharing bersama Ramon Y Tungka yang akan membahas Mountain Jungle Course.

Pengunjung bakal terpuaskan dengan sharing dan promo berbagai produk outdoor yang digeber dengan diskon gila-gilaan oleh mereka. Ajang pamer produk itu bakal berlangsung selama 30 menit.

Setelah itu, tak kalah menarik adalah perbincangan bersama Berry Permana, Adhin Abdul Hakim, Henrikus Tetra dari Consina Responsible Trekker Community.

Pengunjung bisa diskusi bersama komunitas ini. Berbagi pengalaman dalam melakukan penjelajahan alam. Dan yang ditunggu-tunggu oleh para traveler adalah Inframe Nepal yang akan menyuguhkan pesona destinasi yang ada di sana.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan jatimnow.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab jatimnow.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA