Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Tingkatkan Budaya Baca, Ikapi Gelar Pameran Buku di Rusunawa

Sabtu 09 Nov 2019 14:29 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Gita Amanda

Ketua Ikapi DKI Hikmat Kurnia.

Ketua Ikapi DKI Hikmat Kurnia.

Foto: Darmawan / Republika
Kegiatan bertujuan untuk meningkatkan budaya membaca khususnya di kalangan anak-anak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ikatan Penerbit Indonesia ( ikapi ) menggelar acara Literasi dan Pameran Buku di Rusunawa Cipinang Besar, Jakarta Timur. Bertemakan Buku untuk Semua, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan budaya membaca khususnya di kalangan anak-anak.

"Menurut kami buku itu harus didekatkan kepada konsumen atau pembacanya. Semua orang harus punya akses terhadap buku," ujar Ketua Ikapi DKI Jakarta, Hikmat Kurnia, Sabtu (9/11).

Menurut Hikmat, pameran kali ini cukup berbeda dengan yang biasanya diinisiasi oleh Ikapi. Acara ini memang khusus menyasar warga rusun yang selama ini sulit mengakses buku karena terkendala masalah kemampuan beli yang rendah.

Hikmat mengatakan, salah satu alasan rendahnya minat baca yaitu karena akses terhadap buku yang terbatas. Sebagian besar buku yang diterbitkan selama ini hanya dapat dinikmati oleh masyarakat menengah ke atas khususnya di wilayah perkotaan.

"Secara nasional, Jakarta menyerap hampir 50 persen buku yang terbit di Indonesia. Tapi itu kan untuk kalangan atas yang bisa mengakses dan membeli buku. Masalahnya tidak semua penduduk Jakarta punya daya beli," terang Hikmat.

Untuk itu selain mengadakan pameran serupa, Ikapi juga mendorong pendirian Taman Baca di berbagai tempat agar masyarakat lebib mudah mengakses buku-buki bacaan. Meski telah ada, menurut Hikmat, keberadaan Taman Baca masih cukup terbatas demikian juga dengan kelengkapan bukunya.

Oleh karena itu, Hikmat juga menegaskan Ikapi gencar mengajak masyarakat turut serta terlibat dalam peningkatan budaya baca ini dengan cara menyumbangkan buku.

"Desember nanti kami juga akan mengadakan Gowes Literasi. Kita akan mendatangi Taman Bacaan dan memberi sumbangan buku yang dikumpulkan dari masyarakat dan penerbit Ikapi," ungkap Hikmat. 

Dalam acara Literasi dan Pameran Buku di Rusunawa Cipinang Besar Selatan ini, Ikapi juga menggelar sejumlah perlombaan untuk anak-anak rusun seperti lomba mewarnai, membaca Alquran, dongeng hingga menulis surat untuk Gubernur. Hikmat berharap kegiatan ini bisa diadakan kembali di rusun lainnya di Jakarta.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA