Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

RS JIH Solo Diresmikan

Sabtu 09 Nov 2019 17:26 WIB

Rep: Binti Sholikah/ Red: Gita Amanda

Fasilitas di Rumah Sakit JIH Solo yang diresmikan pada Sabtu (9/11).

Fasilitas di Rumah Sakit JIH Solo yang diresmikan pada Sabtu (9/11).

Foto: Binti Sholikah/REPUBLIKA
Visi Rumah Sakit JIH Solo sebagai rumah sakit pilihan berdasarkan Rahmatan Lil Alamin

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Rumah Sakit (RS) JIH Solo resmi beroperasi ditandai dengan acara Grand Launching RS JIH Solo, Sabtu (9/11) atau bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pada 12 Rabiul Awal. Bangunan RS JIH Solo yang berlokasi di Jalan Adi Sucipto No 118 Solo berupa gedung 10 lantai dengan delapan jenis kamar rawat inap.

Direktur Utama RS JIH Solo, Didit Novianto, mengatakan pengelolaan RS JIH Solo dipegang oleh PT Yabinstra Medika Farma yang didirikan oleh Yayasan Bina Sejahtera memegang saham 90 persen serta PT Unisia Medika Farma dengan saham 10 persen. RS JIH Solo lahir pada 1 Muharram bertepatan 1 September 2019, kemudian soft opening pada 10 September 2019 yang bertepatan dengan 10 Muharram.

"Kenapa hari-hari dipilih yang hari bersejarah karena visi rumah sakit mewujudkan Rumah Sakit JIH Solo sebagai rumah sakit pilihan berdasarkan Rahmatan Lil Alamin dengan nilai-nilai profesional, modern dan berdasarkan nilai-nilai keislaman," ungkap dokter spesialis penyakit dalam tersebut saat jumpa pers seusai acara Grand Launching.

Dia menjelaskan, RS JIH Solo mempunyai lima layanan unggulan, yakni Mom and Kids Center, Hearing center, Trauma Center, Minimal Invasive Procedure Center, dan Healty Life Center.

RS JIH Solo menyediakan 104 tempat tidur pasien yang dibagi menjadi delapan kelas mulai kelas 3 sampai president suite. RS JIH Solo juga ditunjang tenaga ahli sekitar 61 dokter spesialis, sembilan dokter umum, dan tiga dokter gigi umum. Selain itu, Didit menyatakan alat-alat yang dimiliki termutakhir.

"RS JIH Solo memberi pembeda, kami berusaha memberikan nilai-nilai keislaman, kami sudah mendapatkan sertifikasi halal. Artinya produk-produk yang dijual di RS JIH Solo adalah produk-produk halal, itu salah satu upaya kami mewujudkan halal hospital," paparnya.

Baca Juga

photo
RS JIH Solo.

Direktur Medik dan Keperawawatan RS JIH Solo, Wisnu Prima Putra, menambahkan, RS JIH Solo merupakan cabang dari RS JIH di Yogyakarta. Kelas pelayanan RS JIH Solo untuk sekarang ini tipe C. Hal itu sesuai aturan izin operasional saat rumah sakit pertama kali beroperasi. "Tapi insyaaAllah pelayanan kami paripurna jadi cukup lengkap. Berbagai pelayanan kami sediakan," ucap Wisnu.

Terkait pelayanan pasien peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS) yang dikelola Badan Pengelola Jaminan Kesehatan (BPJS), lanjut Wisnu, saat ini RS JIH sedang melengkapi persyaratan administrasi untuk menjadi provider BPJS. Sebab, tidak setiap rumah sakit itu harus menjadi provider BPJS.

"Malah sebaliknya, rumah sakit yang harus mengajukan sebagai provider BPJS. Nanti BPJS yang memutuskan apakah disetujui menjadi provider BPJS. Untuk menjadi provider BPJS ada instrumen yang harus dipenuhi rumah sakit. Kami sedang proses, jadi diperlukan waktu," terang Wisnu.

Meski demikian, saat ini RS JIH Solo sudah melakukan kerja sama dengan sekitar 16 perusahaan asuransi. Sehingga diharapkan jangkauan pelayanan lebih luas. "Nantinya kami akan terbuka bekerja sama dengan asuransi, perusahaan maupun perusahaan-perusahaan yang menjamin karyawan dan anggotanya," imbuhnya.

Sementara itu, Direkrur Operasional dan Keuangan RS JIH Solo, Anang Rahmadi, menyatakan, dengan segala fasilitas dan layanan yang dimiliki RS JIH Solo, harga yang ditawarkan kompetitif atau bersaing dengan rumah sakit swasta lainnya. "Bisnisnya konsep pelayanan, masyarakat akan menilai, akhirnya harga yang bersaing bukan menjadi faktor utama," ujarnya.

Harga kamar rawat inap yang ditawarkan bervariasi mulai dari Rp 110 ribu per malam untuk kelas 3, hingga kamar kelas president suite seharga Rp 2,5 juta per malam. Fasilitas yang ditawarkan juga sebanding dengan harga tersebut. Misalnya, di kamar kelas president suite memiliki fasilitas AC, satu tempat tidur pasien, ruang keluarga, ruang rapat, dua kamar mandi, kloset duduk elektrik, bedside cabinet, kulkas, kursi tunggu, overbed, meja, meja televisi, lemari pakaian, dispenser, televisi layar datar 70 inci, tempat tidur untuk penunggu, telepon, satu set dapur, serta satu set meja makan.

RS JIH Solo membuka poli spesialis setiap Senin-Sabtu pukul 07.00-21.00 WIB serta beberapa poli yang tetap melayani pasien pada Ahad dan hari libur. Di antaranya, dokter spesialis di Poli Anak, dokter spesialis kandungan dan kebidanan, dokter spesialis penyakit dalam, serta dokter spesialis gigi siap melayani pasien dari pagi sampai malam tanpa jeda.

RS JIH Solo juga dilengkapi kafe dan toko roti serta food court untuk bersantai, juga disediakan minimarket untuk belanja kebutuhan sehari-hari pasien.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA