Monday, 9 Syawwal 1441 / 01 June 2020

Monday, 9 Syawwal 1441 / 01 June 2020

Kampung Teras Pancasila Diharap tak Hanya Menjadi Ikon

Ahad 10 Nov 2019 20:48 WIB

Red: Muhammad Hafil

Peresmian Kampung Teras Pancasila di Kota Tangerang, Ahad (10/11).

Peresmian Kampung Teras Pancasila di Kota Tangerang, Ahad (10/11).

Foto: Dok Republika
Masyarakat di Kampung Teras Pancasila diharap mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah meresmikan berdirinya kampung tematik Teras Pancasila. Kampung ini berlokasi di wilayah RW 15, Kelurahan Karang Tengah, Ahad (10/11).

Baca Juga

Pada acara peresmian kampung yang merupakan kepanjangan dari Tertib Rapi Aman RW 15 Pancasila tersebut, Arief menyampaikan harapannya agar kampung tematik ini tidak hanya menjadi ikon saja. Tetapi, juga mengamalkan nilai - nilai setiap sila dari Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.

"Pancasila jadi pondasi pembangunan dan kemajuan sebuah daerah khususnya Kota Tangerang," ujar Arief.

Arief menekankan nilai - nilai yang terkandung dalam Pancasila mampu membawa masyarakat ke dalam satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari sila pertama tentang ketuhanan hingga sila ke lima bagaimana membangun keadilan sosial,

"Terbukti dengan dijalankannya nilai-nilai Pancasila itu, kampung ini bisa tertib, rapi dan aman," ungkap Arief.

Arief menyadari apa yang selama ini dibangun oleh warga RW 15 ini tidak semudah sekedar membalikkan telapak tangan. Tetapi, merupakan kerja keras dan gotong royong bersama dari seluruh warga selama tiga tahun.

"Sekarang bersih, indah, sehat, mudah-mudahan bisa terus dinikmati hingga anak cucu kita. Dan bisa menjadi inspirasi serta motivasi bagi kampung lain untuk berbenah," harapnya.

Sementara itu, Ketua RW 15 Kelurahan Karang Tengah Miasan menyebutkan dahulu kampungnya termasuk dalam kategori kampug kumuh. Namun, usai mengikuti Program PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) yang dicanangkan oleh Pemerintah Kota Tangerang, wajah kampung perlahan mulai berubah.

"Kami ajak seluruh warga untuk bergotong royong dan merubah mindset dalam membangun kampung. Ternyata hanya bermodalkan ini, kampung kami berubah menjadi bersih dan sehat bahkan menjadi Juara 1 Kampung PHBS di Tingkat Kota Tangerang," katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA