Sabtu, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 Desember 2019

Sabtu, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 Desember 2019

152 Ribu Lowongan CPNS Dibuka: Ini Alur Pendaftarannya

Senin 11 Nov 2019 08:16 WIB

Red: Budi Raharjo

Ilustrasi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Ilustrasi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Foto: Republika/Agung Supriyanto
Pendaftaran seleksi CPNS dilakukan daring melalui laman: sscasn.bkn.go.id.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo memastikan, proses pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 siap dibuka hari ini, Senin (11/11). Tjahjo menegaskan, Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mempersiapkan segala hal, dari server hingga pencocokan dengan data kependudukan dan pencatatan sipil (dukcapil).

"Persiapan oleh Badan Kepegawaian Negara sudah siap semua. Server BKN siap, dukcapil juga siap," ujar Tjahjo saat dihubungi wartawan melalui pesan singkat, Ahad (10/11).

Pendaftaran seleksi CPNS dibuka hingga 24 November 2019. Pemerintah menyediakan 152.286 formasi yang terdiri atas 37.425 formasi di 68 untuk kementerian/lembaga dan 114.861 formasi untuk 462 pemerintah daerah. Pendaftaran seleksi CPNS dilakukan secara daring melalui laman Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara, sscasn.bkn.go.id.

Tjahjo mengatakan, mengacu pada pengalaman sebelumnya, para peserta diperkirakan baru sebatas meninjau formasi CPNS pada hari pertama pendaftaran. Pada hari-hari berikutnya hingga akhir pendaftaran, barulah para calon pelamar mulai melakukan pendaftaran. BKN, kata Tjahjo, telah mengantisipasi hal tersebut.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengingatkan para pelamar pendaftaran seleksi CPNS untuk teliti sebelum mendaftar. Menurut Bima, para pelamar harus mencermati formasi yang dipilih dan juga syarat pendaftarannya. Hal ini, kata Bima, penting untuk menghindari kegagalan di seleksi administrasi seleksi CPNS.

"Baca dengan teliti formasi yang dipilih dan syarat pendaftarannya, terutama lokasi dan pendidikan. Tahun lalu, banyak sekali yang gagal di seleksi administrasi karena tidak teliti membaca," ujar Bima melalui pesan singkat kepada wartawan, Ahad.

Bima memastikan, BKN telah siap memulai pendaftaran seleksi CPNS. Ia menilai para pendaftar tidak akan banyak pada hari pertama. Menurut dia, para pelamar cenderung meninjau formasi-formasi yang tersedia dengan jumlah peminatnya lebih dahulu.

Meski begitu, BKN telah siap mengantisipasi jutaan pendaftar seleksi CPNS. Pada 2018, kata dia, jumlah pendaftar mencapai angka 4,5 juta orang. "Antisipasinya di angka itu. Insya Allah sudah siap. Tahun ini, waktu pendaftaran agak panjang, semoga tidak crowded," kata dia.

Baca Juga

photo
Pendaftaran CPNS 2019


Sosialisasi
Salah satu institusi yang membuka lowongan adalah Kejaksaan Agung (Kejakgung). Korps jaksa ini melakukan sosialiasi rekrutmen CPNS 2019 pada hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day di Jalan Sudirman, Jakarta, Ahad.

"Kita membutuhkan 5.203 formasi. Untuk SMA saja kita membutuhkan 2.000 formasi, sedangkan jaksa ahli pratama 986 formasi," kata Kepala Biro Kepegawaian Kejakgung RI Katarina Endang Sarwestri, kemarin.

Katarina mengatakan, sosialisasi yang mereka lakukan adalah upaya jemput bola menginformasikan kepada masyarakat luas untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan mendaftar sebagai calon pegawai negeri sipil di lingkungan Adhyaksa tersebut. "Rekrutmen tidak dipungut biaya apa pun dan dilakukan melalui sistem online,'" kata dia.

Para calon pelamar dapat mengakses laman resmi rekrutmen.kejaksaan.go.id atau biropeg.kejaksaan.go.id dan sscasn.bkn.go.id. Setelah pendaftaran, seleksi CPNS 2019 akan dilaksanakan pada Februari dan Maret 2020.

Sosialisasi rekutmen CPNS 2019 oleh Kejakgung RI berlangsung menarik. Kejakgung melibatkan maskot jaksa yang berkeliling menyapa para pengunjung CFD. Sejumlah pegawai juga disebar untuk membagikan kipas yang berisikan informasi formasi CPNS 2019 dan alamat website untuk mendaftar.

Tidak hanya itu, tersedia panggung hiburan yang menampilkan penyanyi Rio Febrian sehingga menarik perhatian warga yang beraktivitas di CFD untuk bergabung dan mendekat. Panitia juga mengisi acara dengan senam zumba bersama para pengunjung CFD.

Salah seorang calon pelamar, Intan Umbari (26 tahun), mengaku telah mempersiapkan seluruh persyaratan pendaftaran sejak jauh-jauh hari. Intan yang sebelumnya pernah mengikuti seleksi CPNS menyebut persyaratan pendaftaran CPNS 2019 tidak banyak berbeda dengan tahun lalu. Namun, ia mengaku akan lebih cermat lagi memilih formasi yang memiliki peluang cukup besar untuknya.

"Kita lihat dulu kuota setiap lembaga ada berapa dan sesuai dengan jurusan pendidikan kita, baru nanti setelah itu kita pilih," ujar dia. n fauziah mursid/antara, ed: satria kartika yudha

Alur Pendaftaran CPNS 2019

1. Pelamar mengakses portal SSCASN di sscasn.bkn.go.id mulai 11 November 2019.
2. Pelamar membuat akun SSCN 2019 menggunakan NIK dan nomor kartu keluarga atau NIK kepala keluarga.
3. Pelamar melakukan login menggunakan NIK dan kata sandi (password) yang telah didaftarkan.
4. Pelamar mengunggah foto diri memegang KTP dan kartu informasi akun.
5. Pelamar melengkapi biodata.
6. Pelamar memilih formasi dan jabatan sesuai pendidikan.
7. Pelamar melengkapi data.
8. Pelamar mengunggah sejumlah dokumen yang diminta.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA