Saturday, 4 Sya'ban 1441 / 28 March 2020

Saturday, 4 Sya'ban 1441 / 28 March 2020

Penuhi Undangan Nasdem, Surya Paloh Jabat Tangan Megawati

Senin 11 Nov 2019 20:04 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Teguh Firmansyah

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh memberikan sambutan saat pembukaan Kongres II Partai NasDem di JIExpo, Jakarta, Jumat (8/11/2019).

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh memberikan sambutan saat pembukaan Kongres II Partai NasDem di JIExpo, Jakarta, Jumat (8/11/2019).

Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Megawati langsung disambut Surya Paloh setibanya di lokasi konferensi Nasdem.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri memenuhi undangan Kongres II partai Nasional Demokrat (Nasdem). Megawati bersama dengan sejumlah ketua umum partai politik koalisi pemerintahan dan nonpemerintahan memang diundang untuk menghadiri perayaan ulang tahun Nasdem ke-8.

Baca Juga

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, Senin (11/11) Megawati tiba ditemani Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Sekretaris Jendral PDIP Hasto Kristiyanto. Kedatangan Mega langsung disambut oleh Ketua Umum Nasdem Surya Paloh dan Wakil Ketua Umum Ahmad M Ali serta Sekretaris Jenderal Johnny G Plate.

Putri Presiden Pertama RI itu tiba mengenakan kebaya merah. Presiden Kelima RI itu tiba sekira pukul 19.05 WIB. Paloh yang mengenakan jas biru segera menyodorkan tangan guna berjabat tangan sebelum diantarkan ke pintu ruangan perayaan.

Kedatangan Megawati ke agenda Kongres II sekaligus menepis keraguan jika dirinya tidak berkenan hadir ke kegiatan tersebut.

Sekretaris Jendral PDIP Hasto Kristiyanto saat itu menyebutkan jika Megawati tengah berada di Jepang. Hasto tidak menyebutkan secara spesifik kegiatan Megawati di Jepang. Mantan sekretsris tim pemenangan Jokowi itu mengatakan, memilik urusan pribadi di Negeri Sakura.

Sebelumnnya beredar retaknya hubungan Megawati dan Surya Paloh usai manuver politik Nasdem mengunjungi DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) beberapa waktu lalu. Nasdem bahkan berencana melakukan safari politik ke Partai Amanat Nasional (PAN) pada akhir November nanti.

Hal yang hampir serupa juga dilakukan Megawati saat menerima kunjungan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Prabowo bahkan diundang menghadiri Kongres V PDIP di Bali dan mendapat jatah kursi menteri dalam Kabinet Indonesia Maju.

Meski demikian, Wakil Ketua Steering Committee  Kongres II Sugeng Suparwoto memastikan kedatangan Presiden Jokowi dan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri. Begitu juga, sambung dia, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subinto.

"Hingga pukul 12 tadi, ibu Megawati konfirm akan hadir dalam ulang tahun nanti malam. Namun, saya belum tahu apakah pak Prabowo akan hadir atau tidak," kata Sugeng Suparwoto.

Perayaan HUT Nasdem dihelat di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat pada 11 November. Selebrasi dilakukan setelah Nasdem melaksanakan Kongres II partai di lokasi yang sama. Kongres menelurkan sejumlah putusan termasuk menunjuk kembali Surya Paloh sebagai pimpinan tertinggi partai.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA