Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Peran PKK di Balik Turunnya Kematian Ibu dan Anak Trenggalek

Rabu 13 Nov 2019 03:28 WIB

Rep: jatimnow.com/ Red: jatimnow.com

.

.

Edukasi PKK memberikan dampak besar terhadap turunnya angka kematian ibu dan anak

jatimnow.com - Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Trenggalek Novita Hardini Mochamad menyampaikan keberhasilan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek menekan angka kematian ibu dan anak.

Menurutnya, keberhasilan itu sebagai bukti PKK dan Dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek mendampingi para ibu hamil dalam mencegah kematian ibu dan anak.

"Awal tahun 2016, kematian anak sangat tinggi dan di tahun 2018 angkanya menurun cukup signifikan," terang Novita dalam kegiatan evaluasi 10 program pokok PKK-KKBPK-Kesehatan tahun 2019 di Desa Besuki, Kecamatan Panggul, Senin (11/11/2019).

Sesuai data Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Trenggalek selama tahun 2016, angka kematian anak sebanyak 60 kasus. Pada tahun 2018, berhasil ditekan menjadi 49 kasus. Sedangkan kematian ibu sebanyak 7 kasus, 3 orang meninggal selama kehamilan dan 4 orang selama menjalani masa nifas.

Ketua TP PKK Kabupaten Trenggalek Novita Hardini Mochamad

"Angka ini menunjukkan capaian Trenggalek sesuai dengan target nasional," bebernya.

Istri Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin ini menegaskan pentingnya peran PKK dalam pembangunan keluarga.

"Kalau kita punya satu keluarga yang berkualitas, energi keluarga akan menular ke keluarga-keluarga lain," paparnya.

Menurutnya, keluarga berkualitas yaitu keluarga yang peduli pada kesehatannya, peduli pada lingkungan yang bersih dan gizi-gizi yang selalu tersedia di rumah. Bila keluarga di suatu kecamatan sudah baik, pasti di kecamatan itu sudah tidak ada stunting, tidak ada kemiskinan maupun penyakit, karena memang keluarganya sudah bersih dan tahu pemetaan sampah yang baik.

"InsyaAllah bila dimulai dari keluarga, pembangunan di Indonesia dan Trenggalek itu bisa berlangsung mudah," jelas Novita.

Dalam kegiatan tersebut, Novita juga mengajak peran desa untuk menekan angka stunting dan memajukan PAUD di wilayahnya, untuk menyiapkan generasi mendatang yang berkualitas.

Ibu tiga anak ini juga mengapresiasi kerja keras TP PKK Desa Besuki, Kecamatan Panggul yang meraih juara 4 Kesatuan Gerak PKK Provinsi Jawa Timur. Sebagai bentuk apresiasi, Novita menyerahkan dana hibah kepada TP PKK Desa Besuki.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan jatimnow.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab jatimnow.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA