Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Pulau Seram

Selasa 12 Nov 2019 18:50 WIB

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Andi Nur Aminah

Ilustrasi Gempa

Ilustrasi Gempa

Foto: Pixabay
Gempa kali ini tidak menyebabkan tsunami.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 5,1 mengguncang wilayah Seram, Maluku, Selasa (12/11). Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo mengakui, gempa berkekuatan M 5,1 mengguncang wilayah Seram, Selasa (12/11) sore pukul 17.10 WIB.

Baca Juga

"Gempa di lintang 3,49 LS, bujur 128,35 BT, kedalaman 10 Km di lokasi Seram, Indonesia," ujar Agus seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Selasa (12/11) malam.

Agus menambahkan, seorang warga setempat melaporkan pada Kepala BNPB Doni Monardo bahwa gempa dirasa kuat. “Barusan gempa kuat sekali. Semoga tidak ada yang (menjadi) korban," demikian lapor salah satu penduduk di Ambon kepada Kepala BNPB melalui WA.

Ia menambahkan, Direktur Penanganan Pengungsi BNPB Joni Sumbung yang sedang di Rumah Sakit Umum Kudamati Ambon juga melaporkan bahwa goncangan dirasakan cukup kuat. Kendati demikian, ia menegaskan bahwa 

"Karena itu diharapkan masyarakat tidak panik dan mendengarkan informasi dari BMKG atau Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)," ujarnya. Hingga kini, BNPB mencatat belum ada laporan kerusakan dan korban dari BPBD Provinsi Maluku. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA