Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Pemprov Papua Akui Dua Kabupaten Belum Miliki BPBD

Kamis 14 Nov 2019 12:01 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Banjir rob (ilustrasi)

Banjir rob (ilustrasi)

Foto: Antara
Pembentukan BPBD di dua kabupaten diyakini akan efektifkan penanganan bencana

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mengaku hingga kini ada dua kabupaten di wilayahnya yang belum memiliki BPBD. Kepala BPBD Provinsi Papua Welliam Manderi mengatakan dua kabupaten tersebut yakni Asmat dan Merauke.

Baca Juga

Welliam menyebut dua wilayah itu padahal rawan terjadi bencana alam."Ini jadi kendala kami karena dari 29 kabupaten/kota di Provinsi Papua, baru 27 saja yang memiliki BPBD, sedangkan dua sisanya belum," katanya.

Menurut Welliam, pihaknya sudah menyurati dan menyarankan kepada dua kabupaten tersebut, agar segera membentuk BPBD sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007. "Di mana dalam undang-undang tersebut dinyatakan bahwa setiap daerah wajib membentuk BPBD, apalagi karena Provinsi Papua merupakan wilayah yang rawan terjadi bencana alam," ujarnya.

Dia menjelaskan, pembentukan BPBD tersebut akan mengefektifkan penanganan terhadap bencana alam. Dia mencontohkan, Kabupaten Merauke sering terdeteksi titik-titik panas yang dapat menyebabkan kebakaran hutan saat kemarau serta banjir rob saat-saat tertentu, sehingga pembentukan BPBD merupakan keniscayanagar penanganan kebencanaanmenjadi lebih baik.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA