Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Angin Kencang Landa Sebagian Wilayah Banyumas

Kamis 14 Nov 2019 20:48 WIB

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih

Cuaca angin kencang. (ilustrasi)

Cuaca angin kencang. (ilustrasi)

Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Sejumlah pohon tumbang akibat angin kencang.

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS -- Hujan deras dan angin kencang melanda sebagian wilayah Banyumas, Kamis (14/11). Akibat bencana tersebut, sejumlah pohon tumbang dan beberapa baliho papan reklame berukuran besar tumbang.

Sejauh ini, belum dilaporkan adanya korban akibat kejadian tersebut. ''Sejauh ini kami belum mendapat laporan adanya korban akibat bencana tersebut. Termasuk mengenai kemungkinan rumah warga yang rusak,'' ucap Koordinator Tagana Banyumas Ady Candra yang sedang membantu menyingkirkan pohon tumbang di ruas jalan Patikraja-Purwokerto.

Sejauh ini, dampak terparah akibat bencana tersebut, memang terjadi di wilayah Kecamatan Patikraja. Pohon perindang jalan yang tumbang di pinggir jalan raya wilayah Desa Patikraja menyebabkan pohon melintang di tengah jalan. Pohon tumbang ini tidak hanya menyebabkan ruas jalan tertutup batang pohon, namun juga menyebabkan jaringan kabel PT Telkom terputus.

Sedangkan di wilayah Desa Notog Kecamatan Patikraja, sekitar tujuh papan reklame besar berukuran  4 kali 2 meter, juga tumbang ke arah jalan raya dan menghalangi arus lalu lintas. Puluhan petugas linmas, Pol PP, dan kepolisian dikerahkan untuk menyingkirkan pohon dan papan reklame yang merintangi jalan.

Kondisi ini, menyebabkan arus lalu lintas di ruas jalan yang menghubungkan Bandung-Purwokerto, mengalami kemacetan panjang. Dari arah Bandung, kemacetan mencapai lebih dari 5 km, demikian juga lalu lintas yang datang dari arah Kota Purwokerto. 

Selain di wilayah Kecamatan Patikraja, angin kencang juga dilaporkan  wilayah Kecamatan Wangon dan Cilongok. Di Desa Pageraji Kecamatan Cilongok, sejumlah rumah dilaporkan mengalami kerusakan, sedangkan di Desa Cikakak Kecamatan Wangon, satu tiang listrik tumbang.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA