Senin, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 Desember 2019

Senin, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 Desember 2019

Jalan Tol Tepeka 189 KM di Lampung akan Masuk Rekor Muri

Jumat 15 Nov 2019 07:45 WIB

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Nashih Nashrullah

Sejumlah kendaraan pemudik melintas di jalan tol Trans Sumatera Bakauheni-Terbanggi Besar, di Desa Sababalau Lampung Selatan, Lampung, Kamis (30/5/2019).

Sejumlah kendaraan pemudik melintas di jalan tol Trans Sumatera Bakauheni-Terbanggi Besar, di Desa Sababalau Lampung Selatan, Lampung, Kamis (30/5/2019).

Foto: Antara/Ardiansyah
Tol Tepeka masuk Muri karena rekor terpanjang dan pembangunan tercepat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Jalan Tol Trans-Sumatra (JTTS) ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayuagung (Tepeka) 189 kilomerer (KM) di Lampung-Sumsel pecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri). Presiden Joko Widodo akan meresmikan jalan tol Tepeka di Gerbang Tol Simpang Pematang KM 240, Jumat (15/11).  

Baca Juga

Dalam pemantapan yang dilakukan Pemprov Lampung dan jajaran Forkopimda Lampung, Kamis (14/12) malam, Presiden Jokowi akan tiba di Bandara Radin Inten II Branti, selanjutnya menuju lokasi peresmian jalan tol Tepeka di Desa Mulya Agung, Simpang Pematang, Kabupaten Mesuji, perbatasan Lampung-Sumsel, menggunakan helikopter. 

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bersama Forkopimda telah melakukan rapat pemantapan menjelang kedatangan presiden untuk meresmilan jalan tol terpanjang dan tercepat pembangunannya di Indonesia, setelah sempat tertunda peresmiannya empat kali. 

Menurut Arinal, jalan tol Tepeka ini memiliki panjang 189 km dan akan memecahkan rekor Muri menjadi jalan tol terpanjang dan tercepat pembangunannya di Indonesia hanya dua tahun lebih. 

Arinal mengatakan, pihaknya bersama Korem 043/Gatam dan Polda Lampung serta pihak dari istana telah melakukan pengamanan lokasi dan lalu lintas untuk lebih memantapkan persiapan peresmian. 

"Hingga malam ini kita terus lakukan pemantapan dan koordinasi sehingga peresmian jalan tol ini berjalan sukses tanpa hambatan," ujar Gubernur Arinal. 

Rapat dihadiri sekitar 500 orang, di antaranya para bupati/walikota, lurah dan kepala desa, ASN, dan masyarakat Kabupaten Mesuji, serta tokoh-tokoh masyarakat setempat. 

Menurut Arinal, peresmian ini akan juga dihadiri Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, Panglima Komando Daerah Militer II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan dan beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju. 

Presiden Jokowi diagendakan take off dari Bandara Halim Perdana Kusuma pukul 08:00 WIB dan tiba di Bandara Radin Inten II sekitar pukul 08:45 WIB. Selanjurnya Presiden menggunakan helikopter menuju lokasi peresmian pukul 09.00 WIB. Peresmian jalan tol Tepeka rencananya akan dilakukan pukul 10.20 WIB. 

Selain peresmian, Jokowi akan melakukan shalat Jumat di Masjid Agung Al Muhajirin di Simpang Pematang, Kecamata. Pematang Panggang, Kabupaten Mesuji, selanjutnya makan siang bersama para gubernur, menteri, pangdam, kapolda, dan bupati/wali kota se-Lampung. n Mursalin Yasland

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA