Minggu, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 Desember 2019

Minggu, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 Desember 2019

Kabupaten Sumedang tuan rumah 'Galaksi'.

Jumat 15 Nov 2019 12:24 WIB

Red: Rahmat Santosa Basarah

  Kabupaten Sumedang  tuan rumah

Kabupaten Sumedang tuan rumah

Generasi muda diharap mampu mengaktualisasikan dan mengembangkan minat serta bakat,

REPUBLIKA.CO.ID,SUMEDANG--Setelah sebelumnya digelar di Kabupaten Ciamis, kini giliran Kabupaten Sumedang yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan Gelar Aksi Karakter  Siswa Indonesia (Galaksi) Tingkat Provinsi Jawa Barat. Pembukaan Galaksi VII yang berlangsung Selasa (12/11) di Graha Plaza Asia Sumedang ditandai dengan penyerahan Pataka (bendera/lambang kotingen terbaik Galaksi) dari Kabupaten Ciamis kepada Kabupaten Sumedang.

Hadir dalam pembukaan tersebut, Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Hj. Dewi Sartika M.Si, Kabid  PSMA Disdik Jabar Yesa Sarwedi Hamiseno, KCD Wilayah VIII Disidik Jaba, Ketua MKKS SMA Jabar, Kadisdik Sumedang dan jajaran, perwakilan kepala sekolah SMK/SMA se-Jawa Barat dan tamu undangan lainnya.

Bupati H Dony Ahmad Munir  menyampaikan ucapan selamat datang di Kabupaten Sumedang kepada seluruh peserta yang hadir. ''Kehadiran para peserta, Ibu dan Bapak, di Kabupaten Sumedang menjadi sebuah kebanggaan dan kehormatan bagi kami selaku tuan rumah pelaksanaan kegiatan ini,'' kata Bupati dalam siaran pers yang diterima Republika, Jumat (15/11). Ia menambahkan, berkaitan dengan perlombaan yang diikuti oleh 27 Kabupaten/Kota se-Jawa Barat tersebut tentunya memiliki tujuan sebagai wahana untuk silaturahami antara siswa-siswi SMA/SMK se-Jawa barat.

''Saya berharap kepada seluruh pelajar, khususnya para peserta Galaksi ini, agar mampu mengaktualisasikan dan mengembangkan minat serta bakat dalam membentuk karakter sehingga menghasilkan generasi penerus yang akan mengharumkan dan melestarikan nilai seni dan budaya melalui kompetisi yang sehat dan jujur,'' ungkap Dony. Terkait dengan pengembangan seni dan budaya, Bupati Sumedang juga mengajak kepada para peserta untuk menghadiri kegiatan akhir tahun berupa tari kolosal yang akan dilakukan oleh 5400  penari dan pesta kembang api di pulau Jatigede pada tanggal 31 Desember 2019

Ketua panitia Galaksi, Kabid PSMA Disdik Jabar Yesa Sarwedi Hamiseno mengungkapkan  Galaksi merupakan agenda tahunan yang bertujuan untuk mengembangkan potensi para siswa se-Jawa Barat. ''Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 500 orang peserta dari 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat yang terdiri dari 270 siswa-siswi SMA/SMK dan 180 pendamping. Berlangsung selama 3 hari yaitu tanggal 12 -14 November 2019,'' kata Yesa. Jenis kegiatan yang diperlombakn antara lain MTQ, Kaulinan Barudak, Stand Up Comedy, Lomba melukis, Seni Budaya dan lainnya. Tempat pelaksanaan lomba di Asia Plaza, Mesjid Agung, Gedung Negara dan Gedung Srimanganti. Pihaknya juga akan melakukan City Tour 'Ngantay Mapay Kota Sumedang'.

Menurut Yesa, selama menggelar kegiatan Galaksi, Kabupaten Sumedang menjadi tuan rumah yang paling meriah dalam penyelenggaraannya karena mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Sumedang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Hj. Dewi Sartika M.Si mengatakan Kabupaten Sumedang menjadi Kabupaten terbaik dalam pelaksanaan kegiatan Galaksi. ''Pertama saya sampaikan bahwa kegiatan Galaksi yang ke delapan ini adalah yang terbaik. Kami sangat berterima kasih atas segala support dalam penyelenggaraan kegiatan ini,'' tuturnya. Dewi juga berharap kegiatan tersebut menjadi pendorong untuk menghasilkan lulusan  SMA/SMK yang berkualitas.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA