Wednesday, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 December 2019

Wednesday, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 December 2019

Cucu Ketiga Presiden Jokowi Lahir Sehat

Jumat 15 Nov 2019 18:12 WIB

Rep: Binti Sholikah/ Red: Andi Nur Aminah

Putra Presiden Joko Widodo Gibran Rakabuming Raka

Putra Presiden Joko Widodo Gibran Rakabuming Raka

Foto: Republika/Prayogi
Cucu ketiga Jokowi atau anak kedua Gibran tersebut dilahirkan melalui operasi caesar.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Cucu ketiga Presiden Joko Widodo lahir dengan sehat dan selamat di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Solo, Jumat (15/11) pukul 15.46 WIB. Anak dari pasangan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda tersebut berjenis kelamin perempuan. Anak kedua Gibran tersebut dilahirkan melalui operasi caesar.

Baca Juga

Gibran mengaku bersyukur atas kelahiran anak keduanya. Dia menyatakan proses kelahiran berjalan dengan lancar. Bayi perempuan tersebut lahir dengan berat badan 2,92 kilogram dan panjang badan 46,5 sentimeter.

"Alhamdulillah sore ini anak kedua kami sudah lahir, semua berjalan lancar. Saya berterima kasih sekali kepada semua tim dari Rumah Sakit PKU dan kami didampingi oleh Pak Menteri (Menteri Kesehatan dr Terawan Agus Putranto). Terima kasih semua," terang Gibran saat jumpa pers seusai operasi, di Aula RS PKU Muhammadiyah Solo, Jumat (15/11) sore.

Gibran menambahkan, saat ini bayi dan ibunya sedang menuju kembali ke kamar perawatan. Menurutnya, wajah anak keduanya agak mirip anak pertamanya, Jan Ethes Sri Narendra. "Sudah gitu aja, waktunya sudah mepet Magrib saya harus segera menanam ari-ari," ucap Gibran.

Proses kelahiran putri Gibran dan Selvi ditangani oleh tim dari RS PKU Solo dipimpin dokter spesialis kandungan, Soffin Arfian. Dokter Soffin sebelumnya juga menangani proses kelahiran Jan Ethes. "Persalinannya dengan cara operasi caesar atas indikasi yang kuat untuk operasi caesar," terang Soffin.

Soffin mengungkapkan kondisi Selvi Ananda dan bayinya sehat. Proses persalinan yang berjalan sekitar satu jam berlangsung dengan lancar. Selvi masuk ke ruang operasi sekitar pukul 15.30 WIB. "Proses operasi rata-rata kami kerjakan sekitar satu jam, total kami mulai operasi sampai selesai. Saat ini kondisi ibu dan bayi sehat. Dan sekarang proses sedang menuju ke ruangan kembali untuk perawatan rawat gabung," papar Soffin.

Soffin menambahkan, proses pemulihan Selvi diperkirakan sampai tiga hari pascaoperasi. Hal itu sesuai dengan kondisi rata-rata pemulihan setelah operasi caesar.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo juga turut mendampingi sang menantu sejak menjelang persalinan. Iriana mengaku deg-degan saat menungu menantunya menjalani operasi persalinan. "Setelah lahir sudah plong. Sama tegangnya saat nunggu kelahiran Jan Ethes dan Sedah Mirah," ujar Iriana.

Sementara itu, sampai berita ini ditulis, Presiden Joko Widodo masih dalam perjalanan menuju Kota Solo dari Lampung. Sebelumnya Presiden Jokowi meresmikan ruas tol Trans Sumatra di Lampung pada Jumat siang.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA