Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Pemprov DKI Buka Pendaftaran 10 Jabatan Dinas di Jakarta

Sabtu 16 Nov 2019 04:31 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Teguh Firmansyah

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Saefullah.

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Saefullah.

Foto: Republika/Sri Handayani
Salah satu jabatan yang dilelang yakni Bappeda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan melakukan lelang jabatan untuk posisi 10 jabatan di Dinas Provinsi DKI Jakarta. Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah mengatakan, beberapa posisi seperti dua deputi dan kepala dinas sedang diseleksi.

Baca Juga

Dua deputi yang sedang dalam penyeleksian yakni Deputi Tata Ruang dan Deputi Transportasi. "Kemudian ada eselon II yang akan sedang dibuka pendaftarannya dan dilakukan seleksi, termasuk Bappeda," kata Saefullah, lepada wartawan, Jumat (15/11).

Selain Bappeda, ada kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran, kepala Dinas Kebudayaan, dan kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (karena dipisah). Kemudian ada kepala Dinas Pendidikan, kepala Badan Keuangan, wakil BPKD, wakil Bappeda, wakil Dinas Lingkungan Hidup, wakil Dinas Perhubungan dan terakhir di Biro Umum.

"Karena kan dari KSN harusnya mensyaratkan itu harus open bidding jadi kita tidak bisa menunjuk kecuali dia rotasi, kalau rotasi itu boleh, kalau eselon II pindah boleh, nah tapi kalau promosi dari eselon III ke eselon II, eselon II ke eselon I itu harus melalui open bidding dan ada beberapa yang dibuka untuk nasional," jelasnya.

Saefullah mengungkapkan,  setiap pekan, Pemprov DKI dapat surat dari kementerian dari pemerintah provinsi, dari pemerintah kota, kalau ada karyawan DKI yang mau ikut seleksi. "Nah itu kita infokan jadi memang sekarang ini sistemnya sudah begitu kalau ada kekosongan ya open bidding untuk eselon II dan eselon I," terangnya.

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan lelang jabatan untuk mengisi kekosongan posisi kepala Dinas Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Dinas Pariwisata Kebudayaan DKI Jakarta. Ada tiga jabatan yang dilelang karena akan dilakukan pemisahan untuk Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta pada 2020.

Anies menyebutkan, akan ada tiga jabatan yang dilelang karena akan dilakukan pemisahan di tahun 2020 untuk Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta. Lelang jabatan itu terbuka tidak hanya untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayah DKI Jakarta, tapi juga untuk seluruh ASN di luar daerah Jakarta.

"Itu akan dibolehkan ASN dari luar DKI untuk mendaftar, jadi terbuka untuk semua," kata Anies. Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu mengatakan, lelang jabatan akan dilakukan dengan segera meski belum diketahui secara pasti tanggal pelaksanaannya.

Pada Jumat (1/11) dua kepala dinas di Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta mengundurkan diri dari jabatannya. Mereka adalah kepala Dinas Bappeda DKI Sri Mahendra dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Edy Junaedi.

Sri Mahendra diketahui mundur dari jabatannya karena menilai kurang mampu berakselerasi dengan pembahasan APBD DKI 2020 yang masih dibahas hingga sekarang. Sedangkan, Edy Junaedi mundur dari jabatannya disebabkan alasan pribadi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA