Jumat, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 Desember 2019

Jumat, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 Desember 2019

Blangko KTP-El di Ogan Komering Ulu Kosong

Jumat 15 Nov 2019 23:01 WIB

Red: Ratna Puspita

Perekaman data KTP-El

Perekaman data KTP-El

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Kekosongan blanko tersebut sudah terjadi sejak Agustus 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, BATURAJA -- Blanko kartu tanda penduduk elektronik (KTP-El) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, kosong sejak beberapa bulan terakhir. Akibatnya, proses pencetakan kartu identitas masyarakat di wilayah itu tertunda.

Baca Juga

Kepala Disdukcapil Ogan Komering Ulu (OKU) Ajahari mengatakan, kekosongan blanko tersebut sudah terjadi sejak Agustus 2019 hingga berdampak pada proses pencetakan E-KTP masyarakat menjadi tertunda. "Kami sudah mengajukan tambahan blanko E-KTP ke pemerintah pusat agar segera ditambah. Setiap bulan kami hanya dijatahi sekitar 500 keping blanko dan jumlah tersebut sangatlah kurang," katanya di Baturaja, Jumat (15/11).

Menurut dia, 500 keping blanko tersebut habis dalam waktu dua hari untuk mencetak E-KTP masyarakat yang sudah melakukan perekaman. Saat ini, kata dia, jumlah masyarakat OKU yang telah melakukan perekaman sekitar 4.800 orang, sedangkan setiap bulan pihaknya hanya menerima blanko 500 keping sehingga tidak mampu mencover seluruh kebutuhan kartu identitas warga yang harus dicetak tersebut.

Apalagi, lanjut dia, hampir setiap bulan jumlah masyarakat OKU yang melakukan perekaman data terus bertambah sehingga pihaknya butuh penambahan ribuan keping blanko E-KTP. "Kami butuh sedikitnya 5.000 keping untuk menuntaskan pencetakan masyarakat yang sudah melakukan perekaman," ujar dia.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA