Monday, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 December 2019

Monday, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 December 2019

Pengelola Jakabaring Padukan Olahraga dan Wisata

Ahad 17 Nov 2019 11:39 WIB

Red: Ratna Puspita

Foto udara kompleks Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatra Selatan.

Foto udara kompleks Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatra Selatan.

Foto: Antara/Nova Wahyudi
Upaya memadukan olahragga dan wisata agar pemanfaatan Jakabaring bisa maksimal.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Pengelola kompleks olahraga Jakabaring Sports City (JSC) Palembang, Sumatera Selatan berupaya memadukan fasilitas olahraga dengan industri pariwisata. Langkah itu agar pemanfaatan kawasan tersebut bisa lebih maksimal.

Baca Juga

"Kawasan JSC yang memiliki berbagai fasilitas olahraga berstandar internasional di lahan 300 hektare lebih bisa memberikan manfaat lebih jika dipadukan dengan industri pariwisata," kata Direktur Pemasaran JSC Palembang, Bambang Suprianto di Palembang, Ahad (17/11).

Jika pemanfaatannya hanya untuk kegiatan olahraga, mungkin ada beberapa kali pertandingan dalam setahunnya. Sementara ketika tidak ada kegiatan olahraga kawasan JSC sepi.

Untuk menciptakan suasa di kawasan JSC selalu ramai dan memberikan nilai tambah sebagai biaya perawatan dan operasional, konsep wisata olahraga sesungguhnya perlu segera diwujudkan. Guna mewujudkan kawasan JSC yang telah beberapa kali digunakan untuk beberapa pertandingan skala internasional seperti Asian Games ke-18 tahun 2018 menjadi tempat wisata olahraga, pihak Jakabaring berupaya mengajak pelaku industri pariwisata membangunan sarana wisata.

"Sekarang ini sudah ada sejumlah investor yang tertartik membangun beberapa sarana wisata dan membuat paket wisata olahraga," ujarnya.

Beberapa fasilitas hiburan dan wahana permainan yang akan segera dibangun di kawasan JSC, yakni air menari (water dancing), yang bisa menampilkan teks lagu untuk memandu pengunjung bernyanyi karaokean bersama. Kemudian akan membangun permainan roller coaster, rumah salju, dan memanfaatkan kanal/saluran air yang mengelilingi area JSC sebagai sarana wisata dan transportasi air yang ditargetkan selesai pada tahun 2021.

Pelaku industri pariwisata yang tertarik mengembangkan bisnisnya ke wilayah Palembang, pihaknya membuka diri bekerja sama mewujudkan JSC menjadi objek wisata olahraga terlengkap dan terbesar di kawasan Asia, terang Bambang.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA