Sabtu, 23 Jumadil Awwal 1441 / 18 Januari 2020

Sabtu, 23 Jumadil Awwal 1441 / 18 Januari 2020

Malangnya Resya Setiawan, Bocah Tasik Pengidap Kanker Hati

Ahad 17 Nov 2019 12:16 WIB

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

Resya Setiawan, Bocah Tasik Pengidap Kanker Hati Dirawat di RSHS

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Nasib malang menimpa Resya Setiawan (11), bocah asal Kampung Sukaasih, Desa Sukamenak, Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya, yang kini hanya bisa terbaring lemah di tempat tidur.

Resya di diagnosis menderita penyakit kanker hati. Hal ini menyebabkan pembengkakan di bagian perut dan membuat kondisi kesehatannya semakin melemah.

Menurut keterangan tetangganya, Beni (42), Resya awalnya mengeluh sakit di bagian perut. Kemudian Resya dibawa berobat ke Puskesmas terdekat oleh kakek dan neneknya,.

"Sekitar 10 bulan lalu ngeluh sakit, tapi pas itu kondisinya (Resya) belum ada perubahan masih normal. Cuma ngeluh saja sakit di perut," ujarnya saat dihubungi Ayobandung.com, Sabtu (16/11/2019).

Dia mengatakan, Resya dirujuk puskesmas ke rumah sakit. Namun, karena keterbatasan ekonomi, Resya yang masih duduk di kelas IV SD hanya diobati dengan obat seadanya dari Puskesmas.

"Keluhan anak ini makin hari makin sering, namun tidak langsung merespons keluahan ini karena faktor ekonomi dari kakek dan neneknya," katanya.

Beni menjelaskan, selama ini, Resya hidup bersama dengan kakek dan neneknya karena kedua orang tuanya telah lama berpisah.

Karena kondisi ekonomi yang serba-kekurangan, setiap kali Resya dibawa berobat ke Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, dia hanya dibawa menggunakan sepeda motor.

"Kakek dan neneknya Resya kerjanya jadi buruh tani serabutan kalau ada yang manggil mereka kerja, bahkan untuk baca saja gak bisa," tuturnya.

Setelah beberapa kali berobat ke RSHS Bandung, akhirnya Resya mendapatkan kamar atau ruangan di untuk perawatan intensif. Namun, kata Beni, sampai kini kondisi Resya masih belum membaik.

"Informasi terakhir, di rumah sakit belum dioperasi karena kondisi gizinya sangat rendah atau buruk. Khawatir kondisi fisiknya tidak kuat," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Humas RSHS Bandung Renny M mengatakan, Resya dirawat di Ruangan Kenanga 1 RSHS Bandung. Rencananya, Resya akan melakukan kemoterapi.

"Rencana dilakukan kemoterapi tapi kondisi umum lemah sehingga saat ini sedang dilakukan upaya untuk perbaikan KU dan beberapa pemeriksaan prakemo," katanya.

Dia menambahkan, saat ini pasien mendapatkan dari pelayanan dan tim medis masih terus berupaya yang terbaik untuk pasien.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA