Wednesday, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 December 2019

Wednesday, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 December 2019

DPRD Surabaya Kedatangan Ratusan Pelajar SD

Senin 18 Nov 2019 17:02 WIB

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Esthi Maharani

Ratusan siswa SD Negeri Menanggal 601 Surabaya mengunjungi ruang sidang paripurna gedung DPRD Kota Surabaya Jalab Yos Sudarso, Embong Kaliasin, Genteng, Senin (18/11).

Ratusan siswa SD Negeri Menanggal 601 Surabaya mengunjungi ruang sidang paripurna gedung DPRD Kota Surabaya Jalab Yos Sudarso, Embong Kaliasin, Genteng, Senin (18/11).

Foto: Republika/Dadang Kurnia
Ratusan pelajar SD menyampaikan harapannya ke para anggota DPRD Surabaya.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Ratusan siswa SD Negeri Menanggal 601 Surabaya mengunjungi ruang sidang paripurna gedung DPRD Kota Surabaya Jalan Yos Sudarso, Embong Kaliasin, Genteng, Senin (18/11). Para pelajar SD tersebut terlihat ceria ketika mencoba duduk di kursi-kursi yang biasa digunakan wakil rakyat Kota Pahlawan tersebut.

Kedatangan ratusan siswa ini merupakan kegiatan tengah semester SD Negeri Menanggal 601 Surabaya untuk belajar di luar sekolah, agar mereka mendapatkan pengetahuan baru. Salah seorang siswa, Zena Imakulata, mengaku senang dan bangga bisa berkunjung dan bisa bertemu langsung dengan para anggota DPRD Surabaya.

"Rasanya senang terus bangga karena belum tentu bisa mengulangi lagi. Apalagi bisa kenalan anggota dewan dan selfi bareng,” kata siswa kelas 5 tersebut.

Dalam kunjungan ini, ratusan siswa SD tersebut juga menyampaikan harapannya ke para anggota DPRD Surabaya. Salah satunya meminta untuk mendatangkan group musik Blackpink. Ada juga yang meminta selfie dengan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, dan meminta ruangan belajar dipasangi AC.

Ketua DPRD Surabaya, Adi Sutarwijono menyambut baik kedatangan ratusan siswa ini. Mereka dipersilahkan melihat bagaimana tempat ruang sidang anggota legislatif. Kunjungan tersebut, diharapkannya bisa memberi pengetahuan baru terhadap para generasi penerus bangsa.

"Minimal sejak dari SD, mereka tahu tugas dan fungsi DPRD, apa yang dikerjakan, serta mengenal secara umum bagan pemerintahan daerah,” kata politikus PDI Perjuangan tersebut.

Adi menambahkan, kegiatan belajar luar sekolah, yang dilakukan SD Negeri Menanggal 601, sangat bagus. Dimana para siswa SD dapat mengenali dan mendapatkan wawasan baru tentang politik. Terutama, tugas pokok DPRD sebagai representasi rakyat.

“Sejak usia dini, anak-anak dikenalkan bahwa politik itu pada misinya adalah membangun. Yang di dalamnya mengandung wawasan kebangsaan dan cinta tanah air,” ujar Adi.

Wakil Ketua Komisi B DPRD Surabaya, Anas Karno berharap, studi luar sekolah itu juga dilakukan pelajar-pelajar lain. Kunjungan ke gedung DPRD kota Surabaya sebagai kegiatan tengah semester, diharapkan dapat menjadi inspirasi ratusan siswa SD di Surabaya.

"Supaya anak-anak ke depan juga bercita-cita menjadi pemimpin, menata pemerintahan dan melayani rakyat. Mereka (siswa) 20-25 tahun ke depan kan menjadi generasi pengganti,” kata dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA