Minggu, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 Desember 2019

Minggu, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 Desember 2019

Jadwal Penilaian Akhir Semester Sekolah Jayawijaya Dimajukan

Senin 18 Nov 2019 18:46 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Sejumlah siswa bermain di dalam kelas SMP Negeri 1 Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Rabu (9/10/2019).

Sejumlah siswa bermain di dalam kelas SMP Negeri 1 Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Rabu (9/10/2019).

Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Siswa Jayawijaya jalani penilaian akhir semester (PAS) lebih dulu dari jadwal semula.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAWIJAYA -- Pelajar di Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua mulai mengikuti ujian atau penilaian akhir semester (PAS) lebih dahulu dibandingkan pelajar di kabupaten lain di Provinsi Papua. PAS di Jayawijaya berlangsung mulai Senin sebagai dampak kerusuhan beberapa waktu lalu.

"Pertimbangan pelaksanaan ujian lebih dahulu karena teman-teman Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) menyampaikan bahwa ada beberapa hal yang harus diselesaikan, terutama karena kondisi semenjak kerusuhan, sulit mengumpulkan data siswa, baik yang masih ada, yang keluar tanpa keterangan, penitipan hingga siswa yang keluar karena mutasi resmi," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Jayawijaya Bambang Budiandoyo di Wamena, Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya, Senin.

Bambang mengatakan, ujian dilaksanakan lebih awal dari kalender pendidikan yang terjadwal 2 Desember mendatang. Keputusan itu dicapai dari hasil pertemuan kepala-kepala sekolah yang dihadiri sekda.

"Mereka sepakat ujian atau penilaian akhir semester (PAS) ganjil dilakukan pada hari ini, Senin (18/11)," katanya.

PAS dipercepat untuk seluruh jenjang pendidikan, mulai dari tingkat SD, SMP, hingga SMA serta SMK. Menurut Bambang, pertimbangan lainnya adalah guru-guru perlu menyiapkan diri untuk memperbaharui data penjamin mutu pendidikan (PMP) pada aplikasi yang baru dikeluarkan.

"Itu butuh fokus karena aplikasi baru. PAS tidak sesuai dengan kalender pendidikan karena kesepakatan kepala sekolah yang diakomodasi oleh pemda dan dinas," katanya.

Pertimbangan kedua, menurut Bambang, ada kegiatan yang memang memfokuskan guru untuk melakukan administrasi kesiswaan dan administrasi penilaian untuk anak-anak. Ia mengatakan PAS akan berlanjut hingga Jumat, (22/11) atau Sabtu, (23/11).

"Soal berapa lama, secara insidentil masing-masing sekolah mengaturnya. Di mana sehari ada yang satu mata pelajaran atau dua mata pelajaran. Yang penting semua mata pelajaran yang diajarkan itu harus diujikan dan ada nilainya," kata Bambang.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA