Wednesday, 10 Rabiul Akhir 1442 / 25 November 2020

Wednesday, 10 Rabiul Akhir 1442 / 25 November 2020

Sejumlah Tip Hadapi Suhu Panas

Selasa 29 Oct 2019 10:22 WIB

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Muhammad Hafil

Cuaca panas (ilustrasi)

Cuaca panas (ilustrasi)

Foto: greatdaymoving.com
Cara ini diperuntukkan dalam menghadapi suhu panas di luar ruangan.

REPUBLIKA.CO.ID,MALANG -- Masyarakat Indonesia saat ini masih mengeluhkan suhu panas yang terjadi selama beberapa waktu terakhir. Hal ini tak terkecuali dialami warga Kota Malang, Jawa Timur (Jatim).

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), suhu di Kota Malang akan berkisar dari 19 hingga 32 derajat Celcius. Suhu ini diperkirakan dapat dirasakan masyarakat dari Selasa hingga Rabu pagi (29-30/10). Sementara kecepatan angin rata-rata sekitar 30 kilometer per jam dengan kelembaban udara sebesar 45 hingga 90 persen.

Dengan adanya situasi tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang mengungkapkan sejumlah tip yang bisa dilakukan masyarakat. Cara-cara ini diperuntukkan dalam menghadapi suhu panas di luar ruanganPertama, Analisis Bencana BPBD Kota Malang, Mahfuzi meminta masyarakat agar tidak beraktivitas di luar ruangan dari pukul 10.00 hingga 14.00 WIB. Perbanyak minum agar tidak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. "Sedapat mungkin jangan mengenakan pakaian berwarna hitam yang dapat menyerap radiasi. Pakailah kaos yang mudah menyerap keringat," jelas Mahfuzi.

Baca Juga

Warga diminta supaya menggunakan pelindung saat berada di luar ruangan. Benda yang dimaksud seperti topi, payung dan sebagainya. Kemudian diharapkan agar tidak langsung mandi setelah kepanasan di luar ruangan.

"Meski perkiraan hanya sepekan saja, ada baiknya untuk terus mengamati tanda-tanda alam dan memperhatikan seruan dari BMKG/BPBD," jelasnya.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA