Saturday, 4 Sya'ban 1441 / 28 March 2020

Saturday, 4 Sya'ban 1441 / 28 March 2020

Cocok untuk Akhir Pekan, Ini 5 Wisata Edukasi Seru di Bandung

Jumat 08 Nov 2019 06:25 WIB

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

Bandung memiliki sejuta pesona yang ditampilkan dari wajah pariwisatanya.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Memasuki musim hujan, banyak pelancong yang khawatir akan sulit menikmati beragam pilihan wisata yang ada di Bandung. Namun jangan khawatir, Bandung tetap memiliki sejuta pesona yang ditampilkan dari wajah pariwisatanya.

Kini Ayobandung.com merangkum sejumlah wisata edukasi seru yang bisa menjadi pilihan keluarga untuk berwisata di akhir pekan. Wisata edukasi bisa menjadi pilihan karena selain menyenangkan, anak-anak dan orang dewasa juga bisa mendapat pengetahuan baru.

 

Wisata Edukasi Nuklir Batan

Pelancong kini sudah bisa mengunjungi Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan (PSTNT) Badan Teknologi Nuklir Nasional (Batan) Bandung tanpa dipungut biaya. Pengunjung bisa melihat-lihat ruang pameran produk-produk yang diolah dari hasil teknologi nuklir dan sejumlah laboratorium.

Meski demikian, karena belum dibuka sepenuhnya, wisata edukasi nuklir Batan baru menerima 100 pengunjung dalam sehari. Untuk rombongan, diminta mengirimkan surat kunjungan terlebih dahulu untuk menentukan waktu kunjungan.

 

Bandung Planning Gallery

Di Bandung Planning Gallery, pengunjung akan disuguhkan wahana edukasi tentang Kota Bandung. Di sini, Bandung dihadirkan dalam 3 wajah, yakni masa lalu, masa kini, dan masa depan.

Meski didukung dengan teknologi canggih, masuk ke museum ini sama sekali tidak dipungut biaya. Uniknya, di sini ada tempat khusus bagi pengunjung untuk menuliskan pesan dan kesan mengenai Kota Bandung. 

museum-juang2
Bandung Planning Gallery. (Dok. Ayobandung.com)

 

Saung Angklung Udjo

Wisata edukasi ini sudah cukup lama didirikan, sejak 1966. Saung Angklung Udjo biasa menyuguhkan pertunjukkan alat musik Sunda Angklung yang menarik.

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa belajar tentang kesenian Sunda dalam workshop yang digelar. Di sini juga terdapat kelas-kelas gratis bagi siapapun yang berniat mengetahui lebih dalam tentang angklung dan musik serta tarian khas Jawa Barat.

hajat-puseur-dayeuh-1
Saung Angklung Udjo. (Dok. Ayobandung.com)

 

Bandung Science Center

Sejak didirikan pada 2014, Bandung Science Center menjadi salah satu wahana edukasi paling diminati. Di tempat ini, pengunjung bisa melakukan banyak hal seperti melakukan eksperimen, mencoba alat peraga, hingga melihat beragam proses alam.

Ada beberapa ruang yang terdapat di sini, mulai dari ruang kimia hingga astronomi. Di Bandung Science Center, anak-anak akan mendapatkan banyak ilmu baru dengan cara yang menyenangkan.

 

Kampung Berwarna Cibunut

Kampung yang terletak di tengah Kota Bandung, tepatnya di Kecamatan Sumur Bandung, ini menyajikan pemandangan yang luar biasa. Sesuai dengan namanya, Kampung Cibunut disulap menjadi kampung yang penuh dengan warna warni yang artistik.

Tak hanya cocok untuk berswafoto, kampung ini juga menyediakan wahana edukasi tentang zero waste hingga pemilahan sampah. Pengunjung bisa belajar tentang bank sampah, biodigester, komposter, dan urban farming.

kampung-cibunut-eneng-1
Kampung Berwarna Cibunut. (Dok. Ayobandung.com)

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA