Friday, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 February 2020

Friday, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 February 2020

Jokowi Terima Surat Kepercayaan 14 Dubes Negara Sahabat

Rabu 20 Nov 2019 15:26 WIB

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Muhammad Hafil

Jokowi (ilustrasi).

Jokowi (ilustrasi).

Foto: Dok Republika
Jokowi membahas beberapa program prioritas.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima surat kepercayaan dari 14 Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBBP) dari negara sahabat di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (20/11). Menurut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dalam acara tersebut, Presiden juga membahas beberapa program prioritas pemerintah Indonesia selama lima tahun ke depan.

Baca Juga

"Kemudian dari semua pembicaraan tampak 1 titik temu yaitu fokus pada kerja sama ekonomi. Terutama misalnya dengan negara-negara Afrika bapak presiden kembali menegaskan mengenai masalah prioritas politik luar negeri Indonesia di Afrika," ujar Retno di Kantor Presiden.

Retno pun mencontohkan sejumlah kerja sama yang telah dilakukan. Misalnya saja dengan Niger, Indonesia melakukan kerja sama untuk pembangunan dan renovasi istana. Sementara dengan Laos, Indonesia menjalin kerjasama join development agreement untuk pembangunan rel kereta api dan sarananya.

Indonesia juga menjalin kerjasama di bidang industri strategis dengan Nepal. "Dengan Nepal baru saja awal November ini baru tiba CN 235 220 dan mereka juga sedang memikirkan kembali untuk memesan pesawat dari Indonesia," ujar Retno.

Presiden juga membahas mengenai negosiasi Indonesia-EU CEPA serta isu kelapa sawit dengan sejumlah duta besar Eropa. Dalam kesempatan ini, para duta besar negara sahabat pun menyampaikan ucapan selamat kepada Presiden Jokowi yang kembali terpilih di pemerintahan periode keduanya. 

Ke-14 negara yang menyerahkan surat kepercayaan tersebut yakni Duta Besar Argentina Gustavo Arturo Torres, Dubes Zimbabwe Sophia Nyamudeza, Dubes Republik Islam Iran Mohammad Khos Heikal Azad, Dubes Kerajaan Belanda Lambertus Christiaan Grijns, Dubes UE Vincent Piket, Dubes Perancis Olivier Chambard, dan Dubes Azerbaijan Jalal Mirzayev.

Selain itu, ada pula Dubes Republik Yunan Apostolos Baltas, Dubes Demokratik Rakyat Laos Phomma Sidsena, Dubes Kanada Cameron Mackay, Dubes Sierra Leone berkedudukan di Beijing China Ernest Mbaimba Ndomahina, Dubes Republik Demokratik Federal Nepal berkedudukan di Kuala Lumpur Udaya Raj Pandey, Dubes Republik Niger berkedudukan di New Delhi Leko Ado, dan Dubes Montenegro berkedudukan di Beijing Darko Pajovic.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA