Senin, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 Desember 2019

Senin, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 Desember 2019

Amerika dan Indonesia Jajaki Kerja Sama Keamanan Laut

Rabu 20 Nov 2019 22:04 WIB

Red: Agus Yulianto

Amerika Serikat dan Indonesia jajaki kerja sama dalam bidang keamanan laut dan pelabuhan.

Amerika Serikat dan Indonesia jajaki kerja sama dalam bidang keamanan laut dan pelabuhan.

Foto: Foto: Humas Ditjen Hubla
Indonesia tengah mengembangkan 5 destinasi wisata.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Indonesian Coast Guard atau yang lebih dikenal dengan Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Direktorat Jenderal Kementerian Perhubungan telah lama menjalin kerja sama yang baik dengan Pemerintah Amerika Serikat dalam hal peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang Keamanan Perbatasan dan juga Keamanan Laut dan Pelabuhan.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Ahmad, pada saat menyambut kunjungan resmi yang dilakukan oleh US State Department Deputy Assistant Secretary, Mr. Hugo Yon, ke Kantor Pusat Kementerian Perhubungan di Jakarta, Rabu (19/11).

Pada kesempatan tersebut, Hugo Yon didampingi oleh delegasi yang terdiri dari Export Control & Border Security Program Advisor serta Economic Officer dari Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta. Sedangkan Delegasi Indonesia dipimpin oleh Direktur KPLP yang didampingi oleh Kasubdit Penanggulangan Musibah dan Pekerjaan Bawah Air, Een Nuraini Saidah, dan perwakilan dari Direktorat Kepelabuhanan.

Ahmad menyampaikan, Presiden Indonesia Joko Widodo memiliki visi untuk mengembangkan kawasan strategis pembangunan 5 (lima) destinasi wisata super prioritas. Untuk itu tentunya dibutuhkan sarana transportasi laut dan pelabuhan yang aman dan nyaman untuk menunjang destinasi wisata tersebut.

“Oleh karena itu, pada kesempatan ini, kami juga membahas kemungkinan kerja sama pengembangan pelabuhan dengan pihak Amerika Serikat,” kata Ahmad dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id

Ahmad berharap, kerja sama yang telah terjalin erat selama ini dengan Amerika Serikat, tidak hanya terbatas pada kerjasama pengembangan kapasitas SDM di bidang Konsultasi Keamanan Perbatasan dan Keamanan Laut dan Pelabuhan. Namun, dapat dikembangkan ke kerjasama lain yang terkait dengan Keamanan Fasilitas Pelabuhan, Keamanan Laut, SAR, serta Perlindungan Lingkungan Maritim.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA