Wednesday, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 December 2019

Wednesday, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 December 2019

Timses Bamsoet: Ada Potensi Munas Golkar Tandingan

Kamis 21 Nov 2019 05:30 WIB

Red: Ratna Puspita

Ketua MPR Bambang Soesatyo (kiri) berjabat tangan dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kanan)

Ketua MPR Bambang Soesatyo (kiri) berjabat tangan dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kanan)

Foto: Antara/Nova Wahyudi
Timses sebut Airlangga tak penuhi komitmen ke Bamsoet sebelum pemilihan ketua MPR.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua tim sukses Bambang Soesatyo (Bamsoet) untuk pemilihan ketua umum Golkar, Achmadi Noor Supit, mengatakan Musyawarah Nasional Golkar di Jakarta pada Desember mendatang berpotensi melahirkan munas tandingan. Hal itu, kata Achmadi, akibat tidak dipenuhinya komitmen oleh Airlangga Hartarto terhadap Bamsoet sebelum pemilihan ketua MPR.

Baca Juga

Achmadi mengatakan komitmen itu, yakni untuk merangkul dan mengakomodasi para pendukung Bamsoet dalam susunan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) di DPR RI. Kondisi ini, menurut Achmadi, membuat gerbong Bamsoet semakin militan dan membuat Bamsoet sulit untuk tetap bertahan pada posisi cooling down.

Apalagi, lanjut Achmadi, disusul dengan tindakan Airlangga Hartarto menggusur sejumlah posisi dan memecat sejumlah tenaga ahli Fraksi Partai Golkar yang menjadi pendukung Bamsoet. Lalu, berlanjut pada pencoretan terhadap seluruh anggota kepanitiaan Munas Golkar yang terindikasi pro-Bamsoet.

"Tindakan ini jelas-jelas melanggar gentleman agrement dan melanggar keputusan rapim tentang mendahulukan musyawarah mufakat sebelum voting," ucap Achmadi di Jakarta, Rabu (20/11)

Achmadi menilai tindakan kubu Airlangga antidemokrasi sehingga tidak mungkin lagi ada kesepakatan atau musyawarah mufakat. "Hal itu tentu saja akan memunculkan perlawanan dan berpotensi melahirkan Munas tandingan seperti Ancol vs Bali pada waktu lalu dan permasalahan hukum lainnya yang bakal timbul yang tak bisa dihindari," ujarnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA