Minggu, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 Desember 2019

Minggu, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 Desember 2019

Dua Polres di Jatim Naik Jadi Polresta

Kamis 21 Nov 2019 11:14 WIB

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Muhammad Hafil

Petugas kepolisian.

Petugas kepolisian.

Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Penaikan status Polres setelah melewati penilaian Kemenpan RB.

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Dua Polres di jajaran Polda Jatim memperoleh perubahan tipe menjadi Polresta. Kedua Polres yang dimaksud yakni Polres Banyuwangi dan Polres Malang Kota. Perubahan tipe dari Polres menjadi Polresta itu setelah melewati kajian dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB).

Baca Juga

Kepala Biro Sumber Daya Manusia (Karo SDM) Polda Jawa Timur, Kombes Pol Nazirwan Adji Wibowo mengungkapkan, waktu prosesi peresmian peningkatan tipe kedua Polres tersebut berbeda. Polresta Banyuwangi rencana diresmikan pada Senin, 25 November 2019. Sedangkan Polresta Malang Kota rencananya digelar pada Kamis, 28 November 2019.

"Peresmian Polresta yang Banyuwangi Senin minggu depan sekaligus sertijab Kapolresta. Untuk Malang Kota menyusul hari Kamisnya. Keduanya dilakukan di masing-masing Mapolresta," kata Nazirwan di Surabaya, Kamis (21/11).

Nazirwan menjelaskan, dengan perubahan tipe itu jabatan Kapolresta naik menjadi Komisaris Besar. Begitu pun jajaran Pejabat Utama (PJU) di Polresta setempat juga akan menyesuaikan dengan kenaikan tipe tersebut.

"Untuk jabatan Kasat juga naik dari AKP menjadi Kompol. TR (telegram rahasia) sudah saya buat dan akan disesuaikan sertijabnya setelah Kapolresta dilantik Kapolda minggu depan," ujar Nazirwan.

Diakuinya, perubahan tipe dari Polres menjadi Polresta itu dilakuken setelah mempertimbangkan banyak aspek. Di antaranya jumlah penduduk, tingkat kerawanan kriminalitas, dan luas wilayah.

"Kalau Malang Kota memang padat penduduk dan termasuk kota besar. Kalau Banyuwangi juga masuk perbatasan juga dengan Bali," kata dia.

Untuk jabatan Kapolresta Banyuwangi bakal dijabat AKBP Arman Asmara Syarifudin yang sebelumnya menjabat Wadir Reskrimsus Polda Jatim. Arman mendapatkan promosi dan naik pangkat menjadi Kombes. Jabatan Wadir Reskrimsus akan diisi AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi yang sebelumnya menjabat Kapolres Banyuwangi.

Adapun jabatan Kapolresta Malang Kota akan dijabat AKBP Leonardus Harapantua Simarmata yang naik pangkat menjadi Kombes, dari jabatan sebelumnya sebagai Waka Polrestabes Surabaya. Ia menggantikan AKBP Dony Alexander yang mengamban jabatan baru sebagai Kapolres Pasuruan Kota. Sedangkan AKBP Agus Sudaryatno yang sebelumnya menjabat Kapolres Pasuruan Kota promosi AKBP Mantap sebagai Waka Polrestabes Surabaya.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA