Friday, 19 Rabiul Akhir 1442 / 04 December 2020

Friday, 19 Rabiul Akhir 1442 / 04 December 2020

Angkie Yudistia, Staf Khusus Presiden Disabilitas Pertama

Kamis 21 Nov 2019 18:47 WIB

Rep: Desy Suciati Saputri/ Red: Indira Rezkisari

Staf khusus Presiden Jokowi, Angkie Yudistia.

Staf khusus Presiden Jokowi, Angkie Yudistia.

Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Angkie Yudistia perjuangkan disabilitas agar tak jadi minoritas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan nama-nama staf khusus Presiden yang akan membantunya di pemerintahan Kabinet Indonesia Maju selama lima tahun ke depan. Dari 14 nama staf khusus presiden yang dikenalkan pada sore ini, tujuh di antaranya merupakan perwakilan dari anak muda Indonesia.

Salah satu dari mereka yakni Angkie Yudistia, pendiri Thisable Enterprise. Perempuan berkerudung berusia 32 tahun ini merupakan anak muda penyandang disabilitas pertama yang diangkat oleh Presiden sebagai staf khususnya.

"Angkie adalah anak muda penyandang disabilitas yang aktif bergerak di sociopreneur melalui Thisable Enterprise, aktif sebagai anggota Asia Pacific Deaf Person," kata Jokowi saat memperkenalkan nama-nama staf khususnya.

Dengan rekam jejak Angkie, Presiden pun menunjuknya untuk menjadi juru bicara bidang sosial. Saat memperkenalkan diri, Angkie berharap dirinya dapat menjadi perwakilan untuk menyuarakan kalangan disabilitas di seluruh Indonesia.

"The one and only women with disability perempuan berkebutuhan khusus di tengah-tengah diberikan kesempatan terbaik oleh bapak Presiden berdiri di sini menyuarakan 21 jiwa disabilitas di seluruh Indonesia," kata Angkie.

Kehadirannya di pemerintahan ini diharapkan dapat semakin membangun kesadaran masyarakat bahwa kalangan disabilitas mampu setara dengan yang lainnya. Ia juga ingin, Indonesia dapat menjadi negara yang semakin ramah terhadap penyandang disabilitas.

"Sudah waktunya disabilitas bukan kelompok minoritas tetapi kita dianggap setara. Membentuk lingkungan inklusi dengan melalui staf khusus presiden," ujar Angkie.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA