Kamis, 8 Rabiul Akhir 1441 / 05 Desember 2019

Kamis, 8 Rabiul Akhir 1441 / 05 Desember 2019

Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris UBSI Tingkatkan Percaya Diri

Jumat 22 Nov 2019 20:24 WIB

Red: Irwan Kelana

News Achor Liputan 6 pagi SCTV, David Rizal tampil di acara “Gear Up for Speaking Confidently” yang dilaksanakan di Aula UBSI Kalimalang, Jakarta Timur.

News Achor Liputan 6 pagi SCTV, David Rizal tampil di acara “Gear Up for Speaking Confidently” yang dilaksanakan di Aula UBSI Kalimalang, Jakarta Timur.

Foto: Dok UBSI
Hal itu dilakukan melalui seminar dan workshop news anchor.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Mahasiswa semester tiga Program Studi (Prodi) Bahasa Inggris belajar meningkatkan percaya diri dan kemampuan berbicara di depan umum dari seorang news anchor.  

Hal itu dilaksanakan dalam  acara seminar dan workshop yang bertemakan “Gear Up for Speaking Confidently” yang dilaksanakan di Aula Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Kalimalang, Jalan SMA Kapin nomor 229A, Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur, Selasa (19/11).

Acara yang digelar oleh Prodi Bahasa Inggris UBSI ini menghadirkan seorang news anchor Liputan 6 pagi SCTV, David Rizal dan dipandu oleh moderator,  Sayyid Khairunas.

“Kami mengundang  seorang yang telah kompeten di bidang news anchor sebagai contoh nyata dan pembelajaran langsung untuk mahasiswa dalam rangka meningkatkan kepercarayaan diri dan kemampuan berbahasa,” kata Agus,  ketua Program Studi (Kaprodi) Bahasa Inggris UBSI dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Kamis (21/11).

Agus menambahkan,  seminar dan workshop tersebut bertujuan untuk meningkatkan level percaya diri serta kemampuan berbicara bahasa Inggris mahasiswa UBSI di depan umum.

“Hal ini dirasa penting, selain karena kemampuan berbicara merupakan hal yang harus dikuasai oleh setiap individu yang belajar  berbahasa Inggris dengan baik hingga dapat bersaing di dunia kerja nantinya,” ujarnya.

David di acara ini mengungkapkan, percaya diri merupakan hal yang krusial dan mendasar jika ingin memulai berbicara di depan umum, apalagi berbicara dalam bahasa Inggris. Ia lalu  memberikan tips serta trik meningkatkan level percaya diri dan juga Do’s and Don’ts ketika ingin tampil.

Di sela-sela pemaparan materinya, David memberikan tantangan kepada  para peserta untuk menjadi seorang news anchor dalam membaca sebuah narasi berita dengan gayanya masing-masing. Dan terplihlah dua orang mahasiswa sebagai penerima tantangan ini.

“Saya senang acara berlangsung dengan baik dan lancar.  Antusiasme  mahasiswa UBSI juga sangat baik. Mereka  berani menerima tantangan saya untuk membacakan narasi berita yang telah disiapakan,” papar David.

“Saya berterima kasih kepada Prodi Bahasa Inggris UBSI yang telah mengundang saya untuk berbagi pengalaman saya selama saya menjadi seorang jurnalis dan public speaker. Semoga semangat dan rasa percaya diri yang ingin ditularkan kepada mahasiswa UBSI dapat diterima dengan baik dan diimplementasikan di kehidupan nyata,” tutup David.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA