Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

5 Objek Wisata dan Makanan Khas Riau Raih Penghargaan

Sabtu 23 Nov 2019 18:48 WIB

Red: Esthi Maharani

Gubernur Riau Syamsuar (tengah) dan Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution (kanan)

Gubernur Riau Syamsuar (tengah) dan Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution (kanan)

Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
Makanan khas riau yakni kue talam durian raih penghargaan

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU  - Sebanyak lima objek wisata dan satu jenis makanan tradisional di Provinsi Riau meraih penghargaan pada Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019, yang diselenggarakan oleh konsultan pariwisata Ayo Jalan-jalan dan didukung Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Wakil Gubernur Riau, H Edy Natar Nasution mengucapkan terima kasih kepada para pelaku sektor pariwisata yang telah meraih apresiasi API 2019. Karena berkat dedikasi mereka, sektor pariwisata Riau makin menggeliat dan dikenal luas ke penjuru negeri.

"Saya berharap presetasi ini bisa menjadi motivasi untuk meningkatkan destinasi wisata agar wisatawan lokal dan mancanegara datang ke Riau," kata Edy Natar Nasution dalam rilis pers yang diterima di Pekanbaru, Sabtu (23/11).

Untuk destinasi wisata di Riau yang menerima apresiasi anugerah API 2019 adalah Suligi Hill di Kabupaten Rokan Hulu, yang meraih nomor 1 kategori dataran tinggi terpopuler. Kemudian lari tual sagu di Kabupaten Kepulauan Meranti, meraih nomor 2 kategori wisata olahraga dan petualangan terpopuler. Sampan Leper di Kabupaten Indragiri Hilir, meraih nomor 3 kategori festival budaya terpopuler.

Kemudian Tepian Bandar Sungai Jantan Kabupaten Siak, meraih nomor 3 kategori tujuan wisata baru terpopuler. Gulamo Kabupaten Kampar, meraih nomor 3 kategori surga tersembunyi terpopuler, dan ditambah lagi kategori makanan tradisional terpopuler, yakni kue talam durian Kota Pekanbaru meraih nomor 2.

Dalam ajang apresiasi API 2019 sebanyak 18 kategori dilombakan melalui mekanisme voting. Panitia peyelenggara mencatat sebanyak 800 ribu lebih suara ikut memilih kategori nominasi API 2019. Disamping itu, panitia juga mencatat ada lebih dari 49 ribu kali video nominasi API 2019 dilihat oleh masyarakat pada channel youtube API Award.

18 kategori API 2019 itu adalah, makanan tradisional terpopuler, minuman tradisional terpopuler, promosi pariwisata digital terpopuler, wisata halal terpopuler, desetinasi belanja terpopuler, cinderamata terpopuler, wisata olahraga dan petualangan terpopuler, wisata air terpopuler.

Selanjutnya, ekowisata terpopuler, dataran tinggi terpopuler, atraksi budaya terpopuler, situs sejarah terpopuler, kampung adat terpopuler, festival pariwisata terpopuler, destinasi kreatif terpopuler, destinasi baru terpopuler, destinasi baru terpopuler dan surga tersembunyi terpopuler.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA