Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Total Bantuan Rp 600 Juta untuk 18 Parpol di Aceh Barat

Selasa 26 Nov 2019 23:43 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Bantuan Rp 600 Juta untuk 18 Parpol di Aceh Barat dicairkan. Foto bendera parpol di Aceh (ilustrasi)

Bantuan Rp 600 Juta untuk 18 Parpol di Aceh Barat dicairkan. Foto bendera parpol di Aceh (ilustrasi)

Foto: Antara/Ampelsa
Bantuan Rp 600 Juta untuk 18 Parpol di Aceh Barat dicairkan.

REPUBLIKA.CO.ID, MEULABOH— Sebanyak 18 partai politik peserta pemilihan umum tahun 2019 kini mulai mencairkan dana bantuan dari Pemerintah Kabupaten Aceh Barat senilai Rp 600 juta lebih yang bersumber dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) Tahun 2019.

"Pencairan dana ini merupakan bagian dari pembinaan partai politik dari pemerintah daerah," kata Asisten I Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, Mirsal di Meulaboh, Selasa (26/11).

Menurutnya, masing-masing partai politik di daerah ini mendapatkan bantuan bervariasi antara belasan juta rupiah hingga puluhan juta rupiah, sesuai dengan perolehan suara yang berhasil diraih pada Pemilu 2019 yang berlangsung pada April lalu.

Perhitungan besar kecilnya dana bantuan pembinaan terhadap partai politik tersebut, yakni per suara dihitung sebesar Rp6 ribuan dikalikan dengan jumlah suara.

"Kalau partai politiknya meraih suara terbanyak, maka jumlah bantuan yang akan diterima juga banyak. Begitu juga sebaliknya," kata Mirsal menambahkan.

Dana tersebut diperuntukkan untuk melakukan pelatihan, pembinaan kader partai serta kebutuhan partai politik sehingga diharapkan seluruh partai politik yang ada di daerah ini dapat menjalankan tugas pokoknya sesuai dengan aturan dan anggaran dasar/rumah tangga masing-masing partai.

"Dana ini disalurkan sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah dan dana ini sah diberikan sebagai bentuk pembinaan," tuturnya.

 

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA