Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Nasdem: Dewan Pengawas KPK tak akan Ganggu Independensi

Rabu 27 Nov 2019 17:54 WIB

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Ratna Puspita

Wakil Ketua Komisi III DPR RI yang juga politikus Partai Nasdem Ahmad Sahroni.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI yang juga politikus Partai Nasdem Ahmad Sahroni.

Foto: dpr
Politikus Nasdem sebut Dewan Pengawas untuk mengkoordinasikan kinerja internal KPK.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni menyebut keberadaan Dewan Pengawas KPK penting untuk mengawasi dan mengkoordinasikan kinerja internal di tubuh KPK. Politikus Nasdem itu menyebut, dewan pengawas tidak akan mengganggu independensi KPK. 

Baca Juga

Sahroni menilai, keberadaan dewan pengawas ini penting untuk memastikan bahwa kinerja internal KPK terkait penyadapan, penyelidikan, hingga penyidikan terkoordinasi dengan baik. Dengan demikian, tidak terjadi tumpang tindih kewenangan. 

“Justru keberadaan Dewan Pengawas ini akan sangat bermanfaat untuk harmonisasi kinerja internal KPK, agar prosedur hukum yang dilakukan sesuai dengan aturan dan tidak saling bertabrakan,” ujar Sahroni di Kompleks Parlemen RI, Jakarta, Rabu (27/11).

Sahroni menambahkan, keberadaan Dewan Pengawas ini tidak akan mengganggu independensi KPK. Sebab, Sahroni menyebut dewan pengawas merupakan bagian internal dari kelembagaan KPK.

“Dewan pengawas ini tidak akan mengganggu independensi KPK seperti yang selama ini dikhawatirkan berbagai pihak," kata dia. 

Menurut Sahroni, dewan pengawas ini bukan lembaga eksternal KPK. Keberadaannya dinilai penting untuk memastikan KPK bekerja sesuai tugasnya. 

Sahroni pun berharap, dengan adanya Dewan Pengawas ini, pelaksanaan tugas dan kinerja lembaga KPK dapat semakin maksimal dalam memberantas korupsi ke depannya.

“Kami harapkan bahwa dengan adanya Dewan Pengawas ini, maka kinerja KPK akan lebih maksimal dalam upaya pemberantasan korupsi,” kata dia. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA