Friday, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 February 2020

Friday, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 February 2020

Kafe Tunanetra Ramaikan Pameran di HDI

Senin 02 Dec 2019 15:31 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Alat bantu Difabel. Beberapa jenis alat bantu disabilitas dipajang saat Pekan Budaya Difabel di Yogyakarta, Senin (18/11).

Alat bantu Difabel. Beberapa jenis alat bantu disabilitas dipajang saat Pekan Budaya Difabel di Yogyakarta, Senin (18/11).

Foto: Republika/ Wihdan
Pameran HDI di GBK diramaikan oleh 70 instansi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kafe tunanetra hingga klub sepakbola amputasi meramaikan pameran dalam rangkaian Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2019. Acara ini digelar Kementerian Sosial di Plaza Barat Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Ketua Umum Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Gufroni Sakaril mengatakan sebanyak 60 stan dari 70 instansi. Dia mengatakan, pameran tersebut merupakan rangkaian dari berbagai kegiatan HDI 2019 antara lain makan malam, jalan sehat hingga puncak HDI pada Selasa (3/12).

Pameran tersebut dibuka oleh Ketua Dharma Wanita Kementerian Sosial, Grace Batubara ditandai dengan penekanan tombol merah. Istri Menteri Sosial Juliari P Batubara itu juga menyempatkan diri mengunjungi stan-stan pameran.

"Secara pribadi saya bangga sekali bisa melihat mereka. Mereka bisa membuat sesuatu yang unik," kata Grace.

Menurut dia, sesuatu yang luar biasa para penyandang disabilitas bisa menghasilkan karya karena. Dia yakin semua orang punya kelebihan yang perlu digali.

Kafe tunanetra yang dinamakan Artne Coffee merupakan binaan dari Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra (BRSPDSN) Mahatmiya Bali. Agung salah seorang pembimbing mengatakan, selama ini disabilitas netra hanya dikenal dengan kemampuan memijat saja. Karena itu ia ingin meningkatkan keterampilan mereka dengan mengajarkan menjadi barista.

Stan-stan lainnya yang hadir memamerkan berbagai produk mulai dari lukisan, keterampilan menjahit, makanan dan karya lainnya. HDI 2019 mengangkat tema Indonesia Inklusi Disabilitas Unggul, setiap tahun diperingati pada tanggal 3 Desember.

Baca Juga

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA