Thursday, 8 Rabiul Akhir 1441 / 05 December 2019

Thursday, 8 Rabiul Akhir 1441 / 05 December 2019

UMS Masuk 200 Besar Perguruan Tinggi Terbaik Asia

Senin 02 Dec 2019 19:54 WIB

Rep: Binti Sholikah/ Red: Gita Amanda

Universitas Muhammadiyah Surakarta masuk dalam urutan ke 157 dari 200 perguruan tinggi terbaik Asia versi 4icu.org atau UniRank.

Universitas Muhammadiyah Surakarta masuk dalam urutan ke 157 dari 200 perguruan tinggi terbaik Asia versi 4icu.org atau UniRank.

Foto: ums.ac.id
UMS bertengger di urutan nomor 157 terbaik dari 200 Peguruan Tinggi di Asia.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKOHARJO -- Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) masuk ke dalam 200 besar perguruan tinggi terbaik di Asia versi 4icu.org atau UniRank. Lembaga perangkingan perguruan tinggi internasional tersebut baru saja merilis "Top 200 Universities In Asia 2019 Asian University Ranking".

Berdasarkan peringkat yang dirilis 4icu.org, UMS bertengger di urutan nomor 157 terbaik dari 200 Peguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Asia.

Posisi tersebut membuat UMS secara tidak langsung disebut sebagai PTS terbaik di Indonesia. Sebab, dari 15 perguruan tinggi asal Indonesia yang masuk 200 rangking Asia, UMS jadi satu-satunya PTS yang ada di dalamnya. UMS berada di urutan nomor 12. Sedangkan Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi perguruan tinggi dengan peringkat terbaik dari Indonesia. UGM menduduki peringkat ke-35 dari 200 perguruan tinggi terbaik Asia.

"UniRank mencari 200 perguruan tinggi terbaik di Asia terdiri dari PTN dan PTS. UMS nomor 157. UMS sebagai PTS itu rangking pertama di Indonesia. Tapi kalau disandingkan dengan perguruan tinggi dari Indonesia, UMS nomor 12," terang Rektor UMS Sofyan Anif saat jumpa pers di Gedung Induk Siti Walidah UMS Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Senin (2/12).

Rektor menjelaskan, kriteria penilaian dari 4icu.org mencakup beberapa hal. Di antaranya, perguruan tinggi yang mendapat lisensi atau akreditasi dari organisasi penilai di negara tersebut. Selain itu, perguruan tinggi yang menyediakan program pendidikan dari sarjana, magister hingga doktoral. Selanjutnya, penilaian berdasarkan perguruan tinggi yang menyediakan pelatihan atau pengajaran yang menggunakan sistem pendidikan tradisional yang melibatkan interaksi langsung atau tatap muka dan tidak dilakukan dari jarak jauh.

Ada 11 indikator yang dilihat. Salah satunya kolaborasi riset dengan institusi internasional, reputasi akademik, rasio fakultas dan peserta didik. Selain itu, jumlah tenaga pendidik asing, jumlah mahasiwa internasional, serta jumlah pendidik bergelar Phd.

UniRank atau 4icu.org merupakan lembaga pemeringkatan perguruan tinggi di dunia yang bisa dilihat dari skala global, region, maupun masing-masing negara.

"Prestasi yang diraih UMS selama ini merupakan bukti UMS benar-benar dikelola dengan kesungguhan yang luar biasa. Prestasi ini juga sebagai balasan atas kepercayaan masyarakat terhadap UMS," papar Rektor.

Sofyan Anif menambahkan, penilaian versi Ristekdikti untuk kategori Perguruan Tinggi swasta pada indikator kinerja penelitian, UMS ditetapkan sebagai PTS terbaik kedua. Peringkat pertama diraih Universitas Islam Indonesia (UII).

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA