Thursday, 11 Rabiul Akhir 1442 / 26 November 2020

Thursday, 11 Rabiul Akhir 1442 / 26 November 2020

Ditanya Kemungkinan Merangkul Bamsoet, Ini Jawaban Airlangga

Senin 02 Dec 2019 20:37 WIB

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Ratna Puspita

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyampaikan keterangan saat menyerahkan berkas pendaftaran calon ketua umum (caketum) Partai Golkar di DPP Partai Golkar, Jakarta, Senin (2/12).

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyampaikan keterangan saat menyerahkan berkas pendaftaran calon ketua umum (caketum) Partai Golkar di DPP Partai Golkar, Jakarta, Senin (2/12).

Foto: Republika/Prayogi
'Sekarang saja dirangkul, (malah) digebukin, gimana,' kata Airlangga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum pejawat Partai Golkar Airlangga Hartarto melontarkan sindiran usai resmi mendaftar sebagai ketua umum, Senin (2/12). Sindiran itu terlontar saat Airlangga ditanya soal kemungkinan merangkul calon lain, khususnya  Bambang Soesatyo, bila memenangkan munas.

Airlangga tak menjawab jelas atas pertanyaan itu. Namun, dia justru melontarkan sebuah sindiran. "Sekarang saja dirangkul, (malah) digebukin, gimana," katanya disertai tawa para pendukungnya, setelah mendaftar.

Sebagai ketum, Airlangga juga tak ingin berkomentar apakah nantinya Bamsoet dicopot dari jabatannya sebagai ketua MPR. Airlangga menegaskan ia ingin fokus ke Munas.

Baca Juga

"Pertama, itu musti baca lagi judulnya ini musyawarah nasional. Jadi konteksnya munas, dan konteksnya dalam agenda agenda munas dan yang ditanyakan tadi tidak ada dalam agenda munas. Saya jamin," ujarnya.

Airlangga tak mau berandai-andai perihal akan terjadinya negosiasi terhadap bakal calon ketum lainnya untuk menjadi orang nomor satu di Golkar. Dalam Munas Golkar yang ada adalah proses musyawarah, dia meminta semua pihak tak lari dari kerangka munas.

"Jadi, proses negosiasi ada dalam perjanjian perdagangan. Kalau di dalam Golkar judulnya baca musyawarah nasional. Jadi, prosesnya musyawarah nasional," kata Airlangga.

Setidaknya ada sembilan kader yang sudah mengambil formulir pendaftaran. Mereka adalah Ahmad Anama, Indra Bambang Utoyo, Ridwan Hisjam, Agun Gunandjar, Bambang Soesatyo (Bamsoet), M Aris Mandji, Derek Loupatty dan Mohammad Ali Yahya, dan Airlangga Hartarto.

Dari sembilan nama itu, hingga Senin (2/12) sore pukul 17.44 WIB, delapan kader sudah mengumpulkan kembali formulir pendaftaran. Bakal Calon M. Aris Mandji disebut akan mengembalikan formulir pukul 19.00 WIB.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA